Juli ini, PLTU Nagan Raya Segera Suplai Arus Listrik

oleh
Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya
Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya
Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya, Aceh yang dibangun oleh PLN sudah hampir rampung, dan dikhabarkan untuk sementara mesin pembangkit unit 1 mulai beroperasi sedangkan unit 2 masih dalam proses pengujian dan direncakan akan beroperasi akhir Juli 2014 mendatang.

“Pembangkit listrik mampu menghasilkan listrik sebesar 180 MW yang akan disuplai untuk kebutuhan setengah Aceh yang akhir-akhir ini meningkat tajam pengguna listrik, baik kebutuhan rumah tangga maupun industri” Kata Asisten Manager Teknik PT PLN PLTU Nagan Raya, Hendra Fitria kepada habadagang.com pekan lalu.

Hendra Fitria juga mengakui, PLTU Nagan Raya saat ini sudah selesai 98,5 persen. Sedangkan yang sudah beroperasi pada pembangkit unit 1. Untuk unit 2 masih dalam proses pengujian dan akan beroperasi akhir Juli 2014.

“Kalau ini sudah beroperasi semua, maka kebutuhan listrik di Aceh mampu disuplai 50 persen kebutuhannya,” Akunya

Katanya, kebutuhan energi listrik di Aceh saat ini mencapai 350 MW. Mulanya ditargetkan pertumbuhan hanya 7 persen pada tahun 2013-2014. Ternyata diluar prediksi perusahaan PLN sendiri. Pertumbuhan pengguna listrik di Aceh terjadi peningkatan yang signifikan yaitu mencapai 14 persen.

“Jadi dengan ada PLTU Nagan Raya dan dibantu juga PLTD di setiap sektor, Insya Allah energi listrik di Aceh akan cukup, terutama setelah Unit 2 beroperasi untuk dikomersilkan, sekarang masih uji coba,” jelasnya.

Kendati demikian, pihak PLN sendiri masih membuka peluang untuk siapapun yang ingin melakukan investasi dibidang eneri terbaru, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan lainnya. Hendra Fitria mengaku PLN siap membelinya dan bekerjasama untuk menyuplai bisnis listrik tersebut.

“Kalau ada IPP (Independent Power Producer) dalam bidang energi, PLN siap membelinya, silakan lakukan investasi untuk orang loka di Aceh,” tegasnya.

Lanjutnya, pihak PLN juga sedang membangun listrik lainnya seperti kawasan bekas PT Arun yang sedang dibangun Pembangkit Listrik Mikro Gas (PLMG) di Arun. Saat ini sedang dilakukan pembangunan fasilitas untuk mendukug pembangkit listri itu.

“Kemudian ada PLTA Kreung Peusangan di Aceh Utara yang akan menyuplai 80 MW,” tutupnya.[Red/Ac/Hd]