KIP Aceh Batalkan Penetapan 2 Caleg DPRA

oleh
KIP Aceh Batalkan Penetapan 2 Calon Anggota DPRA Terpilih
KIP Aceh Batalkan Penetapan 2 Calon Anggota DPRA Terpilih
KIP Aceh Batalkan Penetapan 2 Calon Anggota DPRA Terpilih

BANDA ACEH | DiliputNews.com –  Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh membatalkan penetapan dua calon legislatif atau caleg DPR Aceh terpilih periode 2014-2019 menyusul adanya putusan Mahkamah Konstitusi.

“Dua caleg yang sebelumnya ditetapkan sebagai calon anggota DPR Aceh harus dibatalkan. Pembatalan itu berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi,” kata Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi di Banda Aceh, Rabu 2 Juli 2014.

Adapun keterpilihan dua calag DPR Aceh yang dibatalkan tersebut, yakni atas nama Fakhrurrazi H Cut dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk Daerah Pemilihan Aceh 5 dan Suprijal Yusuf dari Partai Golkar untuk Daerah Pemilihan Aceh 9.

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi, kata dia, Fakhrurrazi H Cut digantikan Tgk H Muchtar A Alkhutby yang juga dari PPP. Sedangkan Suprijal Yusuf dibatalkan dan penggantinya ditetapkan M Saleh sebagai calon terpilih yang juga dari Partai Golkar.

Ridwan Hadi menyebutkan, pembatalan calon terpilih serta penetapan calon terpilih berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi akan ditetapkan dalam rapat pleno KIP Aceh.

“Rencananya kami akan menggelar rapat pleno pembatalan calon terpilih sebelumnya dan penetapan calon terpilih yang baru berdasarkan putusan MK pada Jumat 4 Juli 2014,” kata Ridwan Hadi.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi dalam putusan Nomor 03-05-01/PHPU.DPR-DPRD/XII/2014 memutuskan perolehan suara M Saleh caleg nomor urut dua DPR Aceh Partai Golkar untuk Daerah Pemilihan Aceh 9 adalah 4.815 suara. Sedangkan caleg nomor satu atas nama Suprijal Yusuf sebanyak 4.804 suara.

Sedangkan perolehan suara berdasarkan keputusan KIP Aceh, Suprijal Yusuf memperoleh 4.827 suara dan M Saleh sebanyak 4.794 suara.

Begitu juga untuk putusan Nomor 06-09-01/PHPU.DPR-DPRD/XII/2014, Mahkamah Konstitusi memutuskan perolehan suara Tgk H Muchtar A Alkhutby adalah 4.770 suara dan Fakhrurrazi H Cut sebanyak 4.639 suara.

Sedangkan jumlah suara berdasarkan keputusan KIP Aceh, Tgk H Muchtar A Alkhutby caleg DPR Aceh nomor urut satu itu meraih 4.799 suara dan Fakhrurrazi H Cut, caleg nomor sembilan mendapat 5.110 suara.(Red/Ant)