Non Muslim di Aceh Dilarang Berjualan Siang Hari

oleh
Non Muslim di Aceh Dilarang Berjualan Siang Hari
Non Muslim di Aceh Dilarang Berjualan Siang Hari
Non Muslim di Aceh Dilarang Berjualan Siang Hari

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Warga non muslim yang berada di Banda Aceh dilarang berjualan nasi atau makanan di siang hari selama bulan suci ramadhan tahun, Meskipun jualan tersebut diperuntukkan untuk non-muslim.

Larangan tersebut, mencuatnya ada warung menjual nasi di siang hari pada bulan ramadhan, tapatnya di kawasan di Peunyong, Banda Aceh.

Mereka itu harus menghargai warga muslim sedang berpuasa, ini juga himbauan bersama antara Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Wali Kota, Polresta, jadi semua harus ditaati,” Kepala Operasi Lapangan Polisi Syariah Kota Banda Aceh, Hardi Karmy, Rabu (2/7).

Menurut dia, larangan tersebut sesuai dengan pelaksanaan syariat Islam serta himbauan bersama yang ditanda tangani oleh Muspida Plus pemerintah kota Banda Aceh.

Dan lanjutnya, polisi syariah tidak melarang siapapun berjualan di bulan puasa. Akan tetapi sudah ada aturan jadwal berjualan makanan siap saji, yaitu antara pukul 16.00 sampai dengan sebelum pelaksanaan salat terawih.  “Setelah itu tidak boleh ada yang berjualan,” tegasnya.

Dari pantauan, yang dilansir Habacriminal (Group DiliputNews.com), di lokasi warga non-muslim jualan tersebut, di depan pintu warung sudah tertulis peringatan hanya diperuntukkan untuk warga non-muslim selama bulan puasa.

Selain itu, warung nasi yang dibuka itupun hanya pintu depan yang hanya terbuka dan sangat terbatas yang bisa masuk dalam warung tersebut.

Erwin, Seorang warga keturunan cina yang tinggal di kawasan itu, mengatakan, seharusnya pemerintah Kota Banda Aceh memberikan kelonggaran untuk warga non-muslim bisa berjualan nasi dan bahan makanan lainnya. Menurutnya, ketentuannya tetap tidak akan dijual dan menghargai warga  muslim yang berpuasa.

“Ini kami disini kan semua warga non-muslim, jadi kami minta kepada pemerintah memberikan sedikit dispensasi pada kami,” pungkasnya.(Red/HB)