KIP Abdya Targetkan 3 Hari Proses Lipat Kertas Suara

oleh
KIP Abdya Targetkan 3 Hari Proses Lipat Kertas Suara
KIP Abdya Targetkan 3 Hari Proses Lipat Kertas Suara
KIP Abdya Targetkan 3 Hari Proses Lipat Kertas Suara

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menargetkan pelipatan surat suara pemilihan presiden (Pilpres) selesai dalam tiga hari yang dimulai dari Senin (30/6) kemaren hingga 2 Juli mendatang. Sebanyak 98.407 kertas suara itu dikebut proses pelipatannya, yang dikerjakan 25 tenaga profesional dari staf sekretariat KIP setempat.

Teknik melipatnya pun tidak secara satu persatu, melainkan per pak. Dalam satu pak berisi sekira 50 lembar kertas suara dan hasilnya sangat rapi. Pengerjaan dimulai dari pagi sekira pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB.

Ketua Pokja Logistik KIP Abdya, Muhammad Zikri mengatakan, pelipatan surat suara Pilpres hingga saat ini masih terus berjalan di Aula Kantor KIP Abdya. teknik pengerjaan pelipatan surat suara itu, lebih cepat dari yang ia perkirakan.

“Dengan proses pelipatan secepat itu, Insya Allah, target sampai pada 2 Juli nanti bakal tuntas,” kata Zikri yang dihubungi wartawan, Selasa (1/7) via hendphon

Dijelaskannya, bahwa saat ini KIP hanya baru menerima informasi hasil pelipatan pada hari pertama saja, untuk hari ini belum jelas berapa yang akan selesai dilipat, tetapi saat ini pihaknya sudah menerima hasil pelipatan surat suara mencapai puluhan ribu lembar.

Zikri mengaku, alasan menggunakan jasa tenaga pelipat profesional karena pihaknya dikejar waktu. Sebab, tambahnya, dalam waktu dekat KIP Abdya wajib melaporkan ke KPU Pusat melalui KPU Provinsi soal keterangan jumlah surat suara yang rusak.

“Jadi, setelah kita kirimkan ke sana (KPU Pusat), kekurangannya akan dikirim secepatnya sebelum hari pencoblosan,” pungkasnya.

Lebih lanjut Zikri, mengatakan, pihaknya sudah menjadwalkan untuk pendistribusian surat suara Pilpres itu ke PPK disetiap Kecamatan pada 8 Juli mendatang dan pada hari yang sama juga, pendistribusian dari PPK akan dilanjutkan ke masing-masing PPS tingkat Desa untuk dilakukan penyortiran.

“selanjutnya dari PPS ke KPPS juga dilakukan pada hari yang sama. Kalau di kertas ada surat suara yang terkena noda atau bercak dipinggir sedikit, itu gak masalah,” tambahnya. (Red/Zal)