Objek Wisata Aceh Barat Berpotensi Tingkatkan PAD

oleh
Objek Wisata Aceh Barat Berpotensi Tingkatkan PAD
Objek Wisata Aceh Barat Berpotensi Tingkatkan PAD
Objek Wisata Aceh Barat Berpotensi Tingkatkan PAD

MEULABOH | DiliputNews.com – Pemerintah Aceh Barat mulai melakukan pembenahan di beberapa titik objek wisata yang berpotensi dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal tersebut disampaikan oleh Iswanto, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (DISBUTPARPORA) setempat, dalam Komfrensi pers, Munggu, 31 Mai 2014.

“Ada beberapa objek wisatayang dapat dikembangkan di Aceh Barat, yang mana semua lokasi tersebut merupakan lokasi potensial,” kata Iswanto.

Mengingat ada beberapa potensi objek wisata yang akan dikembangkan baik objek wisata alam dan objek wisata relegius pemerintah masih memerlukan aturan dalam upaya pengembangan agar tidak terbentur dengan ada dan budaya daerahnya.

Lebih jauh Kadis ini juga mengatakan untuk tahun 2014 telah dialokasikan anggaran milyaran rupiah sebagai upaya keseriusan pemerintah dalam mengembangkan lokasi tersebut, diantaranya yang dikembangkan lokasi religius Makam Pahlawan Teuku Umar dan wisata pemandian laut di johan pahlawan.

“Untuk tahun ini ada beberapa lokasi yang kita bangun sebagai upaya pembenahan, termasuk Komplek Makam Teuku Umar,” ungkap Iswanto.

Terkait Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata pihaknya belum bisa menargetkan pada tahun 2014 namun dipastikan pada tahun 2015 mengingat telah dilakukannya beberapa pembenahan, oleh karena itu dalam proses ini pihaknya butuh kerja sama semua pihak termasuk dalam proses pembuatan aturannya.

“Tahun ini belom bisa kita pastikan namun ditahun duaribu lima belas kita akan ada PAD disektor pariwisata,” tegasnya.

Bahkan untuk proses tersebut Iswanto juga berharap kepada seluruh warga Aceh Barat agar mendukung sepenuhnya program – program pengembangan objek wisata yang dicanangkan Pemkab Aceh Barat, karena selain dapat dinikmati oleh warga sebagai salah satu tempat berlibur akhir pekan juga dapat meningkatkan PAD Aceh Barat.

Terkait adanya berbagai dinamika dan pemahaman warga, pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi kepada semua jajaran demi terlaksananya program wisata berbasis islam dibawah pengawasan semua pihak.

Sebagai mana diketahui Aceh Barat merupakan kawasan yang dilalui banyak orang dan juga kawasan yang terletak sepanjang pantai, nantinya akan menjadi perhatian banyak orang untuk berkunjung ke kawasan tersebut, dengan demikian akan terjadi peningkatan PAD di sektor wisata untuk Bumi Teuku Umar, tutupnya.(Red/Man)