Kodim 0110/Abdya Obati Ternak Warga Secara Gratis

oleh
Kodim 0110/Abdya Obati Ternak Warga Secara Gratis
Kodim 0110/Abdya Obati Ternak Warga Secara Gratis
Kodim 0110/Abdya Obati Ternak Warga Secara Gratis

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Sebagai bentuk kegiatan non fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Komando Distrik Militer (Kodim) 0110/Abdya menggelar sosialisasi Pertanian dan Peternakan sekaligus melakukan pengobatan gratis terhadap sejumlah ternak masyarakat di Dusun Alue Baneng dan Dusun Pancang Besi, Desa (Gampong) Ie Merah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya, Senin (26/5).

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono kepada DiliputNews.com, mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat demi meningkatkan pendapatan dari simber yang mereka miliki. “Kita berharap dengan adanya sosialisasi seperti ini, masyarakat akan lebih mengerti dan paham tentang menjaga serta merewat ternak peliharaannya agar dapat menghasilkan yang lebih baik,” ujarnya.

Kemudian terhadap sektor pertanian, Dandim juga mengajak, agar warga lebih paham mengenai jenis benih padi, sistem pemupukan dan juga pengenalan jenis-jenis hama yang dapat merusak tanaman masyarakat. “Selama ini masyarakat masih menjalankannya secara alami, namun dengan sosialisasi tentang pertanian hari ini, mereka akan lebih paham memaknai masalah yang dihadapi dalam bertani, agar hasil yang didapatkan lebih meningkat, terutama demi kesejehtaraan hidupnya,” sebut Suhartono melalui sambungan hendphon

Kemudian, Disibutkan Dandim 0110/Abdya Suhartono, kegiatan ini bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Abdya dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Abdya dan Dinas Sosial (Dinsosnakertrans) Abdya. selain itu, Dandim bersama dengan jajarannya juga membagikan 50 paket perlengkapan sekolah untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Ie Merah, Babahrot. “Semoga anak-anak didik diwilayah ini akan lebih giat belajarnya dan dapat menambah pengetahuan demi nusa dan bangsa,” singkatnya.

Pada kegiatan pengobatan gratis terhadap ternak warga tersebut, pihaknya juga menghadirkan Ahli Reproduksi Peternakan Provinsi Aceh Prof drh Jamat Manan didampingi Kepala Distannak Abdya Ir Adusmin Umar dan sejumlah penyuluh pertanian dan peternakan diwilayah setempat. (Red/Zal)