Satlantas Polres Abdya Bagikan Bunga

oleh
Satlantas Polres Abdya Bagikan Bunga
Satlantas Polres Abdya Bagikan Bunga
Satlantas Polres Abdya Bagikan Bunga

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat sore (23/5/2014) membagikan bingkisan dan bunga kepada pengendara yang dinilai tertib lalu lintas dijalan raya dalam razia simpatik rencong di jalan raya depan gardu Satlantas Polres Abdya.

Kapolres Abdya, AKBP Eko Budi Susilo Sik melalui Kasatlantas Polres Abdya, Iptu Imam Syafii kepada Wartawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rutinitas Operasi (Ops) Simpatik 2014 yang digelar secara serentak diseluruh wilayah Indonesia sejak 19 Mei lalu hingga 8 Juni 2014 mendatang.

Sasaran dari ops simpatik rencong 2014 adalah untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Selain itu , lebih mengedepankan kepada tindakan teguran dan imbauan, namun bukan berarti tidak melakukan penindakan terutama terhadap pelanggaran berat di jalan raya.

Ops simpatik rencong ini juga untuk menciptakan keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (disiplin berlalu lintas) agar pengguna transportasi merasa nyaman di jalan dan terhindar dari kecelakaan lalulintas (lakalantas) dengan harapan, tercipta kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan melakukan kegiatan positif.

Kegiatan pencitraan itu dengan melaksanakan kegiatan yang mengedepankan tindakan persuasif, edukatif dengan memberdayakan fungsi Dikmas Lantas, melalui media cetak maupun elektronik dan pelayanan informasi lalu lintas.

Konsep kegiatan Simpatik, meliputi preventif melakukan penyuluhan lalulintas kepada masyarakat, pendidikan lalulintas dan pemasangan spanduk dan bilboard berupa himbauan tentang keselamatan berlalulintas kegiatan preventif melakukan pencegahan dengan melakukan tugas patroli, pengaturan ditempat-tempat keramaian sesuai dengan jam keramaian dan memberikan teguran lisan maupun tertulis secara simpatik serta juga penindakan hukum, bagi pelanggar lalu lintas yang berpotensi menyebabkan lakalantas

Dikatakan, dalam operasi itu, pihaknya melibatkan seluruh personel Satlantas guna memaksimalkan jalannya razia kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat pada tiga titik yang telah ditentukan.

“Bagi pelanggar akan kita berikan pemahaman dan teguran, namun bagi pengendara dengan tingkat pelanggaran berat yang bisa memicu terhadap kecelakaan lalulintas akan segera kita tertibkan dengan melakukan penilangan,” ujar Iptu Imam.

Menurutnya, pemberian hadiah berupa bingkisan dan bunga yang dinilai bermanfaat bagi pengendara itu merupakan sebuah penghargaan kepada seluruh masyarakat Abdya yang telah siap dan mampu menjalankan aturan tertib lalulintas sebagaimana mestinya.

Apabila, semua aturan tersebut dijalankan dengan baik, maka keselamatan di jalan para pengendara akan terjamin, sebab apabila terjadi kecelakaan, pengendara akan aman karena telah dilengkapi dengan pengaman diwaktu berkendara, salah satunya seperti helm untuk pengguna roda dua dan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat.

Selain itu, melengkapi semua surat-surat kendaraan seperti surat izin mengemudi (SIM), membayar pajak juga merupakan tindakan terpuji karena merekan sadar akan hukum dan peraturan yang telah dibuat.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk memaksimalkan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, baik melalui bentuk sosialisasi, hingga turun ke sekolah-sekolah dengan tujuan tertib lalulintas itu merupakan hal paling penting yang harus diketahui semua lapisan masyarakat, terutama bagi pengguna jalan raya.

Diakuinya kesadaran masyarakat dalam mematuhi lalulintas masih kurang, selain tidak memakai helm standar dan kelengkapan lainnya juga banyak bentuk pelanggaran laing yang kerap dilakukan pengendara. Tentunya dengan terlaksananya kegiatan operasi Simpatik itu, pihaknya berharap dapat terciptanya budaya masyarakat Abdya yang peduli akan arti keselamatan dalam berlalu lintas dengan patuh dan tertib.

“Kita berharap, dengan adanya operasi simpatik ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal tertib lalulintas, sehingga dengan sendirinya angka pelanggar lalulintas dan kecelakaan lalulintas di Abdya ini semakin menurun. Pengguna jalan harus patuhi aturan lalulintas dan memeriksa segala kelengkapan surat kendaraan dan surat, sebelum berkendaraan agar dalam perjalanan merasa aman,” demikian harapnya.(Red/Zal)