Pameran Foto Perlihatkan Sejarah Perjuangan Aceh Masa Lalu

oleh
Pameran Foto Perlihatkan Sejarah Perjuangan Aceh Masa Lalu
Pameran Foto Perlihatkan Sejarah Perjuangan Aceh Masa Lalu
Pameran Foto Perlihatkan Sejarah Perjuangan Aceh Masa Lalu

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Dinas Kebudayaan dan parawisata Provinsi Aceh menggalar pameran foto perjuangan pahlawan Aceh pada masa belanda di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (22/5) yang digelar selama lima hari hingga Selasa, (27/5) di Gedung pertemuan, Kecamatan Susoh, Kabupaten setempat.

Pameran keliling tersebut mengusung tema “Perang Belanda di Aceh” yang menampilkan koleksi berupa foto-foto aksi perjuangan Aceh dalam menghadapi agresi Belanda. Koleksi-koleksi tersebut merupakan milik Mesium Aceh yang berasal dari berbagai sumber.

Ketua pelaksaan kegiatan pameran yang diwakili Edwar Ningsih dari Provinsi Aceh menyebutkan, terselanggara rangkaian pameran keliling itu merupakan kegiatan rutin mesium yang dilaksanakan di Kabupaten/Kota secara bergiliran di seluruh Aceh.

Dengan terselenggara pameran tersebut bertujuan untuk dapat memperluas cakrawala, pengetahuan dan pemahaman masyarakat baik pelajar, mahasiswa, akademisi, guru/dosen dan generasi muda terhadap nilai sejarah perjuangan Bangsa Aceh pada masa lalu, terutama di Abdya sebagai salah satu bagian yang tak terpisah dari sejarah masyarakat Aceh.

“Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat berlanjut pada masa yang akan datang,” ungkapnya.

Menurut Edwar, pameran seperti ini sangatlah penting dan merupakan suatu kebutuhan untuk melaksanakan kegiatan pameran, sebab, kegiatan ini menampilkan koleksi-koleksi yang erat kaitanya dengan sejarah yang mungkin belum banyak diketahui Masyarakat Aceh sendiri.

“Keberadaan koleksi tersebut, untuk menginformasikan kepada khalayak banyak tentang perjuangan Bangsa Aceh dalam menghadapi agresi Belanda yang ingin menguasai tanah Aceh pada masa itu,” tutur Ningsih

Sementara itu, mewakili pemerintah setempat, Sekda Abdya, Drs Ramli Bahar menyebutkan, tahun 2014 ini merupakan tahun yang terakhir dilakukan program gerakan Nasional cinta mesium. Akan hal itu, kehadiran pameran keliling mesium Aceh di kabupaten Abdya sangatlah bermamfaat dan dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang sejarah dan budaya. “terutama tentang perang belanda di Aceh,” sebutnya

Menurut Ramli, mesium merupakan salah satu lembaga pemerintah yang bertugas mengumpulkan, menyimpan, merawat, meneliti, dan menerbitkan hasil penelitian kemudian menyajikan publikasi benda-benda bersejaraah tersebut dengan tujuan pendidikan budaya yang kreatif. “Artinya, kalau masyarakat berkunjung ke mesium akan memperoleh ilmu pengetahuan,” lanjutnya.

Ramli menambahkan, mesium salah satu unit pelaksanan teknis Dinas Kebudayaan dan Parawisata Aceh yang mempunyai tugas pokok dan fungsi untuk meletarikan benda-benda budaya tersebut.

“Kami ucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terkhusus untuk mesium Aceh yang telah menghadirkan pameran keliling tersebut, semoga suatu saat nanti akan diwujudkan suatu mesium yang akan menjadi jendela budaya Masyarakat Abdya juga,” demikian pungkasnya. (Red/Zal)