Seminar Dan Kenduri Laot Peringati HUT Abdya Ke-12

oleh
Seminar dan Kenduri Laot Peringati HUT Abdya Ke-12
Seminar dan Kenduri Laot  Peringati HUT Abdya Ke-12
Seminar dan Kenduri Laot Peringati HUT Abdya Ke-12

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Ke-12, Pemerintah bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Abdya menggelar acara seminar hukum adat laut pendayagunaan sumber daya laut kabupaten Abdya tahun 2014, sekaligus melakukan acara kenduri laot.

Pelaksanaan itu digelar dilokasi yang berbeda, untuk seminar dilaksanakan di Aula Arena Motel, selanjutnya menghadiri prosesi kenduri Laot di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Desa Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng, Abdya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, menyampaikan, sebagai wilayah yang garis pantai mencapai 65 Km, Abdya mempunyai potensi yang kaya dan melimpah disektor kelautan dan perikanan, berupa mineral dibawah laut dan wisata bahari. Itu harus di kelola dan diatur dengan baik, banyak regulasi yang lahir untuk memproteksi sumber daya laut di Abdya ini.

Dalam qanun nomor 11 tahun 2012, telah diatur mengenai adat dan hukum kelautan, hukum itu simbol dari kekuatan agama, para ulama dan cendikiawan yang memberi fatwa tentang kelautan.

Ketika berbicara hukum dan adat kelautan, lanjut Bupati Jufri, itu adalah sesuatu yang tak terpisahkan dan sangat fenomenal. “Yang mana aturan jarang kita pakai justru dipakai oleh negara luar, aturan yang dari negeri ini justru diadopsi oleh negara lain,” sebutnya.

Harapannya, seminar hukum adat laut kali ini bisa memberi warna baru bagi perkembangan zona kelautan di Abdya. “Tentu hari ini, kita diajak untuk sama-sama mengetahui pendayagunaan sumber daya kelautan yang ada di Abdya,” tuturnya.

Terakhir, Bupati juga menyampaikan kekecewaan terhadap Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh karena tidak hadir ke Abdya. “Saya kecewa atas ketidak hadiran Ibu Raihana selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh ke Abdya, jangan remehkan daerah, karena jabatan itu adalah sesaat,” kilasnya.

Sementara itu, Di lokasi TPI Lhok Pawoh, dalam acara Kenduri Laot, Bupati Jufri Hasanuddin, menyampaikan, ucapan terimakasih kepada para nelayan yang selalu mendatangkan hasil laut untuk dikonsumsi oleh masyarakat. “Semoga dengan kenduri ini, hasil laut kita akan terus membaik dan terjaga dari mala bahaya,” singkat Bupati.

Kegiatan itu, juga dihadiri Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Suhartono, Wakapolres Abdya Kompol Tamlikan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Abdya Drs Sulaiman MM, pemateri seminar kelautan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Dr Nazaruddin SE MA dan Sekretaris Panglima Laot Aceh Miftachhuddin Cut Adek SE MSi. Diikuti oleh sejumlah peserta dari unsur Pol Air, Panglima Laot, Anek Laot (Nelayan) dan para staf DKP Abdya. (Red/Zal)