Illiza Ajak Warga Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Kesehatan

oleh
Illiza Ajak Warga Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Kesehatan
Illiza Ajak Warga Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Kesehatan
Illiza Ajak Warga Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Kesehatan

BANDA ACEH | DiliputNews.com  – Plh. Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE mengajak warga Kota Banda Aceh untuk peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan. Demikian salah satu arahan Walikota saat menghadiri peringatan Hari Thalasemia se dunia yang jatuh pada 8 Mei setiap tahun di Aula RRI Banda Aceh Minggu (11/5).

“Kesadaran warga kita masih kurang dalam menjaga kesehatan baik diri dan keluarga,” ujar Illiza

Dalam peringatan yang dihadiri oleh para orang tua dan anak-anak suspect thalasemia ini lebih lanjut Illiza menyampaikan penyakit thalasemia yang ditandai dengan berkurangnya HB dalam sel darah merah dalam diri seseorang dapat diturunkan dari orang tua ke anaknya.

Oleh karena itu dalam upaya mengurangi jumlah suspect thalasemia dirinya meminta agar setiap pasangan yang hendak menikah agar dapat memeriksakan kesehatan dan darah di klinik-klinik terdekat.

“Kita himbau agar setiap pasangan yang hendak menikah agar memeriksakan darahnya ke lab yang ada, inilah salah satu upaya untuk mengurangi jumlah suspect thalasemia,” ujar Illiza.

Namun Lanjut Illiza pula apabila anak kita ditaqdirkan Allah sebagai suspect thalasemia hendaknya kita jangan Berburuk sangka kepada Allah.

“Karena apapun kejadian, itu adalah karunia Allah dan kita tidak tahu apa tujuan dibalik ujian itu,” ungkap Illiza.

Untuk itu Illiza berharap agar mereka yang telah terkena halasemia agar selalu berusaha dan berdoa semoga segera diberi kesembuhan oleh Allah.

Dalam kesempatan itu Illiza yang turut prihatin menyatakan, Pemko Banda Aceh akan segera melakukan tindak lanjut dan rapat dengan para pihak untuk mencari solusi bagi para penderita suspect thalasemia khususnya yang berdomisili di Banda Aceh.

Kegiatan yang berlangsung di aula RRI Banda Aceh dirangkai dengan beberapa kegiatan positif lainnya seperti mewarnai, street campaign, screening thalasemia, dan a day with Thillers.

Saat ini pasien thalasemia yang rata-rata adalah anak-anak telah difasilitasi oleh RSUDZA dan RSU Meuraxa. Mereka sangat membutuhkan donor darah dari masyarakat untuk dapat melanjutkan hidupnya. Setiap anak suspect thalasemia membutuhkan 10 orang pendonor darah untuk kelangsungan hidupnya. (Red)