Ratusan Pedagang Ikan Demo UPTD Pasar Aceh

oleh
Ratusan Pedagang Ikan Demo UPTD Pasar Aceh
Ratusan Pedagang Ikan Demo UPTD Pasar Aceh
Ratusan Pedagang Ikan Demo UPTD Pasar Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Seratusan pedagang ikan Pasar Peunayong berdemonstrasi di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Pemerintah Kota Banda Aceh, menuntut ketua pasar yang sekarang ini diganti.

Massa pedagang ikan mendatangi UPTD Pasar yang berada di Lantai 3 Pasar Sayur Jalan Kartini, Banda Aceh, Kamis. Aksi dikawal sejumlah polisi itu, sempat menarik perhatian pedagang lainnya dan masyarakat di pasar tersebut.

Dalam aksinya, massa mengusung poster menolak Samsul Bahril sebagai ketua Pasar Ikan Peunayong. Mereka menuntut UPTD Pasar menempatkan Suwardi sebagai ketua pasar ikan.

Muhammad Nazar, seorang pedagang ikan, mengatakan, selama ini ketua Pasar Ikan Peunayong yang dijabat Samsul Bahri banyak yang tidak beres. Samsul Bahri bukan dipilih oleh pedagang ikan, tetapi ditunjuk oleh UPTD Pasar.

“Selama diketuai yang bersangkutan, kami merasa tidak nyaman. Kami tidak kenal dengan Samsul Bahri. Begitu juga sebaliknya, Samsul Bahri tidak mengenal kami,” ketus dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, pedagang ikan mendesak UPTD Pasar mengembalikan jabatan ketua Pasar Ikan Peunayong kepada Suwardi. Atau biarkan pedagang memilih Ketua pasar ikan Peunayong.

Sementara itu, Suwardi mengatakan dirinya selama ini bukanlah ketua pedagang pasar ikan. Akan tetapi, ia ditunjuk sebagai koordinator Pasar Ikan Peunayong berdasarkan keputusan Pemerintah Kota Banda Aceh.

“Saya minta mengundurkan diri sebagai koordinator karena merasa tidak sinkron lagi dengan pengurus lainnya. Saya mau jadi koordinator karena memajukan pedagang ikan,” ungkap dia.

Kepala UPTD Pasar Kota Banda Aceh Mirfata dalam pertemuan dengan sejumlah pedagang ikan mengatakan, pihaknya tidak pernah mengangkat ketua pasar, tetapi koordinator yang bertanggung jawab di setiap pasar.

“Kalau ketua kan membawahi organisasi. Siapa saja bisa membentuk, mengangkat, serta memilih ketua. Tapi, tugasnya kan berbeda dengan koordinator yang membawahi pasar. Koordinator diangkat berdasarkan keputusan Wali Kota Banda Aceh,” ungkap Mirfata.(Red/Ant)