Lomba Masak Serba Ikan Menu Utama TP-PKK Abdya

oleh
Lomba Masak Serba Ikan Menu Utama TP-PKK Abdya
Lomba Masak Serba Ikan Menu Utama TP-PKK Abdya
Lomba Masak Serba Ikan Menu Utama TP-PKK Abdya

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (7/5) menggelar kegiatan lomba cipta menu beragam, bergizi dan aman (B2SA) dan lomba memasak serba ikan yang berlangsung di halaman gedung TP PKK Abdya.

Ketua TP PKK Abdya, Ny.Yenni Elfiza Jufri Hasanuddin dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan yang melibatkan seluruh TP PKK tingkat kecamatan dalam kabupaten setempat bertujuan untuk meningkatkan krestifitas karya cipta menu oleh kader PKK, sehingga bahan-bahan dasar makanan lokal dapat diberdayakan menjadi makanan yang sehat serta bisa dikonsumsi oleh semua umur terutama anak-anak.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) serta Dinas Kelautan  dan Perikanan (DKP) Abdya tersebut mendapatkan apresiasi dari Pemkab setempat.

“Bagi peserta yang menang nantinya akan mewakili Kabupaten Abdya ke ajang B2SA di tingkat Provinsi Aceh bahkan juga bisa ke tingkat nasional,” ujarnya Ny.Yenni.

Lebih lanjut disebutkan, perlombaan ini bukan hanya sebatas kegiatan seremonial belaka, malainkan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, mulai dari tingkat kecamatan hingga ke tingkat nasional.

“Tujuan kita untuk meningkatkan kreatifitas kader PKK yang ada di Abdya, sehingga mereka bisa memanfaatkan beragam bahan-bahan makanan produk lokal untuk dijadikan makanan yang manarik dan bergizi,” paparnya.

Menurutnya, daging ikan tersebut sangat banyak kandungan gizi yang bisa diserap dan dibutuhkan tubuh, namun  sayang, anak-anak zaman sekarang lebih memilih mengkonsumsi makanan instan dari pada daging ikan, akibatnya mereka rentan terserang penyakit serta berdamapak buruk bagi perkembangan jasmaninya.

Dibandingkan dengan daging ayam, sapi, bahkan udang dan lobster sekalipun, kandungan lemak jenuh yang terdapat pada ikan terbukti jauh lebih rendah. Dimana, lemak jenuh merupakan kandungan paling berpengaruh dan pendukung terjadinya peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Ikan juga mampu mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Jadi bagi masyarakat yang ingin mengkonsumsi protein sehat dari daging ikan, tidak perlu khawatir akan resiko terjadinya serangan jantung apalagi stroke pada tubuh. Berlimpahnya kandungan asam lemak omega 3 pada ikan merupakan salah satu alasan utamanya.

Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, kandungan asam lemak Omega 3 juga diyakini mampu meningkatkan daya kerja dan kualitas kecerdasan pada otak. Sehingga, akan sangat tepat memberikan ikan kepada sang buah hati, agar kemampuan mereka dalam berfikir akan jauh lebih baik dan cerdas.

“Ikan juga bisa mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Beberapa pengamatan membuktikan bahwa seseorang yang menjadikan ikan sebagai lauk utama sehari-hari mereka, akan terhindar dari resiko peradangan dan nyeri sendi, yang umumnya dialami oleh banyak orang.

Selain itu, juga bisa untuk kesehatan janin bagi ibu hamil. Manfaat ikan untuk kesehatan yang terakhir adalah, diperkayanya kandungan DHA pada ikan memungkinkan janin pada ibu hamil akan lebih sehat dan kebal dari berbagai virus dan bakteri yang menyerang di dalam tubuh sang ibu,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya kegiatan ini daging ikan bisa diolah dengan ragam jenis makanan, sehingga mampu memikat selera anak-anak untuk mengkonsumsi ikan setia hari.

“Kepada para peserta diharapkan dapat bersaing dengan positif, dengan menampilkan ragam jenis makan terbaiknya, semoga nantinya bisa mewakili Abdya hingga ke tingkat nasional,” harapnya.

Amatan di lapangan, kegiatan tersebut dibuka langsung Staf Ahli Pemkab Abdya Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra), H.Kadry,SH,MM serta dihadiri sejumlah pejabat daerah, para camat serta para dewan juri. (Red/Zal)