1000 Pelajar SD Ikuti Sosialisasi Sikat Gigi Gratis

oleh
1000 Pelajar SD Ikuti Sosialisasi Sikat Gigi Gratis
1000 Pelajar SD Ikuti Sosialisasi Sikat Gigi Gratis
1000 Pelajar SD Ikuti Sosialisasi Sikat Gigi Gratis

BANDA ACEH | DiliputNews.com –  Sebanyak 1000 pelajar SD di Kota Banda Aceh mengikuti sosialisasi sikat gigi gratis yang digelar di Taman Sari Banda Aceh Selasa (6/5). Sosialisasi yang digelar oleh Dinkes Kota Banda Aceh ini terselenggara berkat kerjasama dengan Disdikpora Kota Banda Aceh dan PT. Wings Banda Aceh.

Asisten Bidang Keistimewaan Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Banda Aceh Ir. Bahagia saat membuka acara tersebut mengungkapkan kegiatan sikat gigi yang diprakarsai oleh dinkes kota ini sangat penting disosialisasikan terutama kepada murid SD. Karena, lanjut Bahagia lagi, banyak masalah kesehatan dimulai dari kurangnya kebersihan gigi dan mulut.

Katanya lagi, persoalan tersebut hanya sedikit mendapatkan perhatian. Padahal menjaga kebersihan mulut dan gigi juga bagian penting yang dibahas dalam islam. Bahkan Nabi Muhammad SAW selalu menjaga kebersihan mulut dan giginya dengan menggunakan siwak

Dirinya pun berharap hendaknya kegiatan itu dapat menjadi momentum sebagai titik awal kebangkitan anak indonesia yang sehat cerdas dan berkualitas.

Sebelumnya Kadinkes Kota Banda Aceh Dr. Media Yulizar selaku Panitia Acara menyampaikan kegiatan sosialisasi sikat gigi bagi anak SD diselenggarakan dalam rangka menyambut hari jadi Kota Banda Aceh ke 809.

Media menyampaikan kegiatan sosialisasi dan sikat gigi gratis ini dilaksanakan juga dalam rangka menggalakkan sikat gigi pada anak-anak terutama anak SD. Selain maksud tersebut katanya lagi, kegiatan itu bertujuan untuk menumbuh kembangkan kesadaran bagi anak SD bagaimana cara sikat gigi yang baik dan benar.

Media mengungkapkan dari hasil survey yang dilakukan terhadap anak umur 10 tahun, menunjukkan sangat sedikit dari mereka yang mengetahui cara sikat gigi yang baik dan benar.

Dari jumlah tersebut, lanjut Media ada 93 % anak yang belum paham cara sikat gigi secara baik dan benar. Dan sisanya ada 7 % anak yang sudah memiliki pengetahuan tentang cara sikat gigi yang benar.

Pada sosialisasi ini masing-masing SD Mengikutsertakan 50 anak didiknya pada sosialisasi. Setelah mendengar arahan dan intruksi dari panitia, seluruh anak memulai kegiatan sikat gigi massal didampingi petugas dinkes dan guru pendamping.(Red/Ril)