FPI Aceh Serbu Polresta Banda Aceh

oleh
FPI Aceh Serbu Polresta Banda Aceh
FPI Aceh Serbu Polresta Banda Aceh
FPI Aceh Serbu Polresta Banda Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Massa yang tergabung dalam Front Pembela Islam (FPI) Aceh, Senin (5/5) sekitar pukul 10:00 WIB, menyerbu kantor Polresta Banda Aceh, mereka menuntut agar simpatisan FPI bernama Riyan dibebaskan.

Sebelumnya, simpatisan FPI bernama Riyan tersebut ditangkap oleh pihak kepolisian saat FPI melakukan patroli untuk mencegah kemasiatan di Banda Aceh.

Ketua FPI Aceh, Muslem Al Thahari mengatakan, kita meminta pihak kepolisian membebasakan anggotanya, yang ditangkap malam minggu lalu, sebab peristiwa pada saat itu, kata dia FPI tidak adanya melakukan anarkis.

“Sebenarnya tidak anarkis, tetapi diteriakin sedikit dan mungkin ada provokatornya dan diserempet sedikit, maka terjadilah perkelihaian dan ternyata yang tersenggol dan perkelahian itu anggota polisi yang berpakaian preman,” katanya.

Ia menambahkan, persoalan tersebut sudah selesai dan kedua belah pihak telah ada kata sepakat untuk melakukan perdamaian. Kedatangan anggota FPI ke Polresta Banda Aceh ini, ingin meminta yang ditangkap itu dibebaskan.

“Alhamdulillah sekarang sudah mau melakukan perdamaian. Kita minta segera dilepaskan ini untuk mengantisipasi supaya masyarakat tidak turun demo Polres dan kami telah katakan tunggu dulu dan bersabar,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Polresta Banda Aceh, AKBP Sugeng Hadi Sutrisno yang dikutip Haba Criminal membenarkan bahwa persoalan ini sudah berdamai. “Persoalan tersebut hanya ada kesalah pahaman dan keduabelah pihak sudah saling memaafkan dan berdamai,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, yang ditangkap itu bukan anggota FPI, akan tetapi itu merupakan simpatisan yang bergabung bersama aksi yang dilakukan oleh anggota FPI.

“Yang kita tangkap itu simpatisan FPI, bukan anggota PFI, dia itu karyawan salah satu katering di Banda Aceh dan waktu pulang kerja melihat kegiatan FPI dan dia sempat memprovokasi, makanya ditangkap polisi, lalu terjadilah perkelahian,” jelas Sugeng.(Red/Ac/Hb)