Aceh Jaya Tergetkan Produksi 1 Juta Ekor Ayam Potong

oleh
Aceh Jaya Tergetkan Produksi 1 Juta Ekor Ayam Potong
Aceh Jaya Tergetkan Produksi 1 Juta Ekor Ayam Potong
Aceh Jaya Tergetkan Produksi 1 Juta Ekor Ayam Potong

ACEH JAYA | DiliputNews.com – Kabupaten Aceh Jaya menaragetkan produksi ayam potong diwilayah itu mencapai 1 juta ekor ayam pada tahun 2015 mendatang, melalui program kemitraan usaha peternakan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Jaya melalui Kabid Peternakan, Drh. Nuri Assiri, yang dikutip di Aceh Terkini (DiliputNews.com), Kamis (1/5).

“Dengan adanya program kemitraan atau pola peternakan mandiri yang difasilitasi oleh Pemerintah Aceh Jaya pada tahun ini, di harapkan pada tahun 2015 nanti produksi usaha ternak ayam potong akan mencapai 1 juta ekor,” katanya.

Kata dia, wilayah Pantai Barat Selatan Aceh setiap tahunnya mengkonsumsi daging ayam potong mencapai empat juta ekor atau sekitar 6,4 Juta kilo gram dengan asumsi per kg maka belanja kebutuhan daging ayam hampir mencapai Ro 100 Milyar per tahun.

“Kita akan membentuk 20 peternak ayam potong baru yang akan mengembangkan usaha dalam memenuhi permintaan pasar di wilayah Pantai Barat Selatan Aceh,” Ujar Nuri Assiri.

Ia menjelaskan, letak geografi Kabupaten Aceh Jaya yang berada dipinggir pantai dari Kecamatan Jaya sampai ke Kecamatan Teunom itu, sangat medukung untuk perkembangan ternak ayam potong.

Disisi lain kata dia, adanya penempatan tenaga peternakan dan penyuluh di setiap kecamatan sehingga dapat membantu peternak Ayam Potong berkembang dengan baik dan maksimal hasilnya.

“Kita mengajak para pengusaha lokal memiliki keberanian untuk usaha ternak ayam potong baik dikelola secara mandiri maupun memikat mitra kerja dengan perusahaan besar, sehingga sama-sama dapat menguntungkan bagi peternak dan perusahaan,” pungkasnya. (Red/At)