Jepang Sampaikan Terima Kasih Kepada Banda Aceh

oleh
Jepang Sampaikan Terima Kasih Kepada Banda Aceh
Jepang Sampaikan Terima Kasih Kepada Banda Aceh
Jepang Sampaikan Terima Kasih Kepada Banda Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pemerintah Jepang melalui Wakil menteri Rekontruksinya menyampaikan penghormatan sekaligus rasa terima kasih mendalam kepada pemerintah dan warga Kota Banda Aceh karena 3 tahun lalu telah membantu pemulihan fisik dan mental warga Tomoku Jepang yang mengalami gempa dan tsunami dahsyat.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil menteri Rekontruksi Jepang, Koichi Tani saat berkunjung ke Kantor Balaikota Banda Aceh di ruang rapat Walikota Rabu (30/4).

Ucapan terima kasih disampaikan pemerintah Jepang karena tepat tiga tahun yang lalu Pemerintah Kota Banda Aceh dan Indonesia memberi bantuan fisik dan mental kepada warga jepang perfektur tomoku yang mengalami gempa dan tsunami dahsyat.

“Kami mengucapkan rasa terima kasih mendalam kepada pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kota Banda Aceh, atas bantuan fisik dan mental kepada rakyat kami,” ujar Koichi Tani.

Dalam pertemuan singkat tadi terlihat pihak Jepang juga berusaha menggali informasi dari Pemko Banda Aceh tentang sarana dan prasarana yang telah berhasil dibangun pasca tsunami dahsyat 2004 lalu termasuk juga pelatihan kebencanaan bagi anak SD di Kota Banda Aceh.

Dalam keterangan selanjutnya Koichi mengaku bangga kepada pemko dan masyarakat Banda Aceh karena dari hasil survey lapangan yang mereka lakukan mereka melihat begitu banyak perubahan dan pembagunan infrastruktur di Banda Aceh berjalan baik. Terutama fasilitas-fasilitas publik bantuan dari JICA.

Sementara Asisten Bidang Keistimewaan Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Banda Aceh Ir. Bahagia didampingi sejumlah kepala SKPD dan camat kepada pemerintah Jepang menerangkan bahwa selama ini hubungan Banda Aceh dan Jepang sangat erat karena adanya kesamaan demografi dan juga kejadian musibah gempa tsunami.

Diterangkanya pula pasca tsunamai Pemko banyak sekali meneriman bantuan dari Jepang, mulai dari tata ruang, infra struktur fisik, jalan, bangunan dan lain sebagainya.
Dan katanya lagi saat ini sudah 96% kondisi kota kembali normal kecuali masalah air yang belum kembali normal.

Katanya lagi, berkat hubungan yang erat itu pula baru-baru ini Pemko telah berhasil menjalin kerjasama bidang rekontruksi dengan kota higashi-matsushima dengan mengirim dua staf Pemko untuk mempelajari kegempaan dan rekontruksi di kota tersebut.

“Pasca Tsunami sudah ada 6 PNS pemko yang ke Jepang untuk menimba Ilmu. Mudah-mudahan kita dapat melakukan kerjasama lainnya dikemudian hari,” ujar Bahagia.
Dari kerjasama itu katanya lagi Pemko dapat menimba ilmu kegempaan dan rekontruksi dan dapat menerapkannya di Kota Banda Aceh yang dilalui oleh Ring fire (kota rawan bencana)

Setelah saling bertukar informasi, kedua belah pihak juga saling tukar souvenir.
Dari Pihak Jepang selain dihadiri oleh wakil menteri rekontruksi, ia juga didampingi oleh bebrapa staf menteri rekon dan juga staf konjen Jepang Jakarta. (Red/Ril)