Kertas Suara Aceh Barat Tercecer ke Nagan Raya

oleh
Kertas Suara Suara Aceh Barat Tercecer ke Nagan Raya
Kertas Suara Suara Aceh Barat Tercecer ke Nagan Raya
Kertas Suara  Aceh Barat Tercecer ke Nagan Raya

MEULABOH | DiliputNews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, Provinsi Aceh memastikan surat suara yang sudah didistribusikan mencukupi untuk pemilihan umum legislatif Rabu 9 April 2014 di wilayah itu.

“Kami pastikan surat suara mencukupi dan seluruh surat suara sudah kami distribusikan ke kecamatan 100 persen, hanya  yang dari kecamatan ke desa sedang berjalan, sore ini (Selasa 8/4) semua sudah sampai,”kata Ketua KIP Aceh Barat Bahagia Idris di Meulaboh Selasa.

Hal tersebut menyikapi adanya kekeliruan pendistribusian surat suara, dimana KIP Kabupaten Nagan Raya menemukan sedikitnya 131 lembar surat suara yang merupakan untuk daerah pemilihan (dapil-1) Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat.

Jelasnya, KIP Aceh Barat sudah mendistribusikan sebanyak 503.647 lembar surat suara ke lima daerah pemilihan yang terdiri dari  empat katagori DPR Kabupaten sebanyak 129.161 lembar kemudian DPR Aceh 126.161 lembar, DPD-RI 124.161 lembar dan DPR-RI 124.164 lembar. Jumlah tersebut disesuaikan dengan 121.726 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Kata Bahagia, kekeliruan pendistribusian surat suara tersebut merupakan keteledoran pihak distributor, disisi lain KIP Nagan Raya tidak berkerja profesional pada saat sortir dan pelipatan surat suara sehingga kekeliruan tersebut baru diketahui ketika sampai di tingkat kecamatan.

“Harusnya saat pelipatan KIP Nagan Raya sudah mengsosialisasi bahwa disana itu tiga Dapil sehingga dari lembar surat suara bisa dilihat, sementara surat suara Aceh Barat lima dapil, perbedaan ini saja padahal sudah jelas, tapi kenapa baru diketahui saat sampai di kecamatan,”imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, KIP Aceh Barat tidak pernah mengajukan penambahan surat suara ke KPU pusat, apalagi pendistribusian logistik sampai ke dua kabupaten berbeda tersebut mengunakan truk yang berbeda pula.

Bahagia mengkhwatrikan, kejadian kekeliruan pendistribusian surat suara tersebut dapat disalah gunakan oleh orang-orang tertentu yang dapat berpotensi merusak suara di Aceh Barat atau dimanfaatkan untuk menambah suara bagi yang dikehendaki.

Ia menegaskan, pihaknya tidak berwenang untuk menjemput atau memeriksa surat suara tersebut akan tetapi komisioner Aceh Barat berharap surat suara milik daerah mereka dapat diamankan dan diperiksa secara terperinci untuk satu kecamatan yang ditemukan itu.

“Kami tidak berwenang menjemput surat suara di Nagan Raya walaupun itu benar untuk Aceh Barat dan hasil koordinasi kami bahwa di kecamatan Kuala Pesisir Nagan Raya sedang dilakukan sortir ulang, mungkin apakah ada banyak lagi yang ditemukan,”katanya menambahkan.(Red/Ant)