Tujuh Kabupaten di Aceh Rawan Kekerasan Pemilu

oleh
Tujuh Kabupaten di Aceh Rawan Kekerasan Pemilu
Tujuh Kabupaten di Aceh Rawan Kekerasan Pemilu
Tujuh Kabupaten di Aceh Rawan Kekerasan Pemilu

LHOKSEUMAWE | DiliputNews.com – Menjelang detik-detik pencoblosan sedikitnya tujuh Kabupaten di Propinsi Aceh rawan terjadi tindak kekerasan, hal tersebut dingkapkan Kapolda Aceh Irjen Polri Husen Hamidi saat mengunjungi sejumlah Tempat Pengumutan Suara (TPS) di Kota Lhokseumawe, Selasa, (8/4).

Selain itu Polda juga telah mengarahkan sejumlah Tim pengamanan TNI dan Polri agar Proses Pemilu berjalan dengan lancar.

Menurut Kapolda Aceh hasil monitoring ke 23 Kabupaten Kota tujuh diantaranya rawan terjadi kekerasan Pemilu dan perlu pengamanan khusus juga pengawasan lebih ketat.

“Kami telah mengarahkan tim pengamanan  dari Kepolisian dari Polda Aceh 9133, BKO Brimob 1400, BKO Mabes Polri 341, dan anggota TNI 2100, juga anggota TNI akan di tempatkan sejumlah Kodim, Korem, di 23 Kabupaten Kota,” jelasnya.

Kapolda Aceh Juga menjelaskan ketujuh Kabupaten Kota yang rawan terjadi kekerasan menjalang Detik-detik Pemilu nyakni Aceh Utara, Aceh Timur, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Bireuen, Aceh Tengah, Aceh Selatan, dan Kota Langsa, Kesejumlah Sering terjadi kekerasan beberapa hari yang lalu pada masa Kampanye.

Sementara itu terkait kasus penembakan di Kabupten Birieun, Polda Aceh telah memeriksa sepuluh orang sebagai saksi, juga telah menurun  Tim dari Polres Bireun, Polda Aceh, dan Tim dari Mabes Polri untuk mengintenfikasi insiden penembakan tersebut. Kapolda Aceh tidak bisa memastiakn motif penembakan itu, serta jenis senjata yang digunakan oleh pelaku.

“Kita sedang mendalami, apakah unsur Politik atau kriminal murni, kerana  kejadian ini sebelum Kampanye, mengharap kepada Parpol menjalankan dengan baik agar menciptakan kondisi Aceh yang kondisif,” imbuhnya. (Red/Ar)