KIP Abdya Distribusikan Logistik Pemilu Ke 9 Kecamatan

oleh
KIP Abdya Distribusikan Logistik Pemilu Ke 9 Kecamatan
KIP Abdya Distribusikan Logistik Pemilu Ke 9 Kecamatan
KIP Abdya Distribusikan Logistik Pemilu Ke 9 Kecamatan

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) berupa surat suara dan perlengkapan lainnya mulai didistribusikan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) ke sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat dan selanjutnya diteruskan hingga ke 344 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 141 titik.

Pendistribusian logistik tersebut menggunakan puluhan truk dengan melibatkan sejumlah pekerja dibawah pengawasan pihak KIP Abdya, Panwaslu dan pengawalan aparat penegak hukum, sehingga penyelenggaraan perhelatan pesta demokrasi yang diikuti 96.454 pemilih tetap dapat berjalan lancar.

Ketua  KIP Abdya, Muhammad Jakfar kepada wartawan, Selasa (8/4/2014) mengatakan, proses pendistribusian dilakukan secara bertahap, dengan mendahulukan kecamatan yang jarak tempuhya lebih jauh dari pusat ibu kota kabupaten, seperti Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Babahrot dan Kuala Batee. Sedangkan untuk Kecamatan Setia, Blangpidie, Susoh dan Jeumpa dilakukan setelah proses pendistribusian di lima kecamatan yang jarak tempuhnya tergolong jauh usai.

“Logistik kita distribusikan dengan menggunakan truk berukuran sedang dan kecil,” sebutnya.

Ditambahkan, logistik yang didistribusikan tersebut terdiri dari 98.383 surat suara untuk DPR RI, 98.383 surat suara untuk DPD, 98.383 untuk DPRA dan 101.383 surat suara untuk DPRK.

“Selain itu, perlengkapan lainnya seperti bilik suara mencapai 1.376 yang terdiri dari bilik suara jenis kardus dan seng plat. Jumlah kotak suara sebanyak juga sama dengan jumlah bilik suara, dimana dalam kotak suara itu, selain berisi surat suara, juga terdapat perlengkapan pemungutan suara,” jelas Jakfar.

Menurutnya, sejauh ini proses pendistribusian logistik Pemilu legislatif di wilayah Kabupaten Abdya dapat dipastikan berjalan lancar, apalagi lokasi penempatan logistik masih bisa dijangkau dengan mudah, sehingga akan diselesaikan waktu cepat.

Dikawal Polisi

Sementara itu, untuk menjamin proses pendistribusian logistik Pemilu aman hingga ke TPS, Kapolres Abdya AKBP Eko Budi Susilo Sik, melalui Wakapolres Abdya Kompol Tamlikan SH, mengatakan,  jajaran Polres Abdya telah menyiagakan personel Brimob disetiap kendaraan pengangkut logistik.

“Disetiap kendaraan kita tempatkan dua personel Brimob, dibantu personel dari pihak Polsek masing-masing serta personel Polres Abdya,” ujarnya.

Dikatakannya, kondisi keamanan di Abdya masih tetap kondusif, seperti halnya yang diharapkan masyarakat. Pihaknya juga telah menggencar razia disejumlah titik, dengan tujuan Pemilu yang aman dan nyaman akan dapat terwujud.

“Personel telah kita siagakan hingga ke TPS, dan diharapkan proses pemungutan suara berjalan lancar dan masyarakatpun merasa nyaman,” harapnya.(Red/Zal)