Gubernur Minta TNI Sosialisasikan Perdamaian Aceh

oleh
Gubernur Kecam Pelaku Tindak Kekerasan di Aceh
Gubernur Kecam Pelaku Tindak Kekerasan di Aceh
Gubernur Kecam Pelaku Tindak Kekerasan di Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Gubernur Aceh Zaini Abdullah memintan bantuan TNI khususnya Angkatan Darat untuk mensosialisasikan perdamaian Aceh dengan semua kekhususannya, sehingga terjalin persepsi yang utuh di provinsi itu.

“Perdamaian Aceh adalah keinginan segenap komponen bangsa termasuk TNI, dan kita semua mengatahui bahwa Aceh memiliki kewenangan yang luas dibandingkan provinsi lain di Indonesia,” kata Gubernur di Jakarta, Selasa 25 Maret 2014.

Hal tersebut disampaikan gubernur dalam pertemuannya dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman di Mabes TNI AD di Jakarta.

Melalui Plt Karo Humas Sekda Aceh Murthalamuddin, gubernur juga menyampaikan kondisi aktual Aceh terkait tahapan pelaksanaan Pemilu legislatif 9 April 2014 dan keadaan perdamaian di provinsi itu.

Dalam pertemuan dengan KSAD, gubernur Zaini Abdullah turut didampingi antara lain Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah, Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh Iskandar, Tim Asistensi Gubernur Aceh Fakhrulsyah Mega dan Rafiq.

Gubernur juga meminta TNI khususnya Angkatan Darat untuk membantu Pemerintah Aceh dalam konteks membangun pencitraan positif provinsi berpenduduk sekitar 5 juta jiwa itu dimata publik nasional maupun internasional.

“Selain mengkampanyekan citra positif, kami juga berharap TNI berkontribusi dalam bentuk kerja nyata untuk pembangunan Aceh,” katanya.

Sementara itu KSAD Jenderal TNI Budiman, menyatakan pihaknya mendukung penuh harapan Pemerintah Aceh. KSAD juga berkeinginan menjadi bagian dari Aceh dengan paradigma dan inovasi baru.

“Aceh harus sejahtera dan punya paradigma yang lebih positif, kami akan membantu mensosialisasikan ketingkat pusat dan kalangan TNI di Aceh sampai ke lapisan bawah untuk melihat paradigma Aceh dalam kontek perdamaian dan pembangunan,” katanya.

Budiman mengatakan, pihaknya punya personil terampil untuk mendukung berbagai sektor pembangunan di Aceh.

“Apabila diminta, kami siap membantu dalam arti positif seperti penggunaan teknologi tepat guna dan pembangunan infrastruktur perhubungan untuk melancarkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata KSAD didampingi Wakasad Letjen TNI M Munir.

Pihaknya juga siap mengabdi dalam melakukan kerja-kerja bakti TNI yang berorientasi untuk membangun sarana perhubungan di pelosok pelosok.

“Itu akan menekan biaya pembangunan. Kita siap mendukung pembangunan Aceh dalam bentuk kerja nyata, ini juga akan mendekatkan TNI dengan masyarakat,” kata KSAD. (Red/Ant)