PNS Aceh Diajak Biasakan Diri Baca Al-Quran

oleh
PNS Aceh Diajak Biasakan Diri Baca Al-Quran
PNS Aceh Diajak Biasakan Diri Baca Al-Quran
PNS Aceh Diajak Biasakan Diri Baca Al-Quran

BANDA ACEH  | DiliputNews.com – Staf Ahli Walikota Banda Aceh Bidang Hukum dan Politik T Iwan Kesuma mengajak para PNS Kota untuk membiasakan diri membaca Al-Quran. Ajakan ini disampaikan Iwan saat bertindak sebagai pembina apel pagi dijajaran Sekretariat Daerah Kota, Kamis (20/3/14) di halaman Balaikota, Banda Aceh.

Menurut Iwan, Al-Quran dapat memberikan ketenangan hati, kejernihan pikiran dan menghilangan kegelisahan bagi siapa saja yang membaca, mendengarkan dan mengamalkannya.

Katanya, sahabat Rasulullah, Ibnu Mas ’udd pernah didatangi seorang pemuda yang sedang merasa gelisah. Pemuda tersebut mengaku susah tidur, hati tidak tenang, pikiran tidak jernih hingga makanpun tidak enak. Kemudian Ibnu Mas ‘Udd memberi nasehat kepada pemuda tersebut dengan menyuruhnya mendatangi 3 tempat.

Tempat pertama, Ibnu Mas Udd menyarankan pemuda tersebut mendatangi orang yang sedang membaca Al-Qur’an dan menyuruh pemuda tersebut ikut membaca atau mendengarkan bacaan Al-Qur’an dengan baik.

Tempat kedua, pemuda tadi disuruh mengunjungi tempat pengajian yang mengingatkan hati kepada ALLAH SWT.

Dan yang terakhir, Pemuda tersebut disuruh pergi ketempat yang sunyi saat tengah malam dimana saat orang sedang tertidur nyenyak, kemudian melaksanakan shalat malam dan berdoa kkepada Allah untuk ketenangan jiwa, ketenteraman pikiran dan kemurnian hati.

“Seandainya jiwa dan hatimu belum juga terobati pada ketiga tempat tersebut, maka mintalah pada Allah SWT untuk menggantikan hatimu, karena hati yang kita pakai bukan lagi hati kamu”. Kemudian pemuda itu pulang dan mengamlbil wudhuk dan membaca Al Qur an dengan khusyu.

Setelah membaca Al Quran, pemuda tersebut  merasakan ada perubahan dalam jiwanya., menjadi tenang dan tentaram, pikiran menjasdi jernih kembali. Gelisah di dadanya menjadi sirna” ujar Iwan mengisahkan cerita tersebut.

Diakhir amanat apelnya, mantan Kepala DKKK Kota Banda Aceh ini mengajak PNS membiasakan diri membaca Al-Quran, memahami dan mengamalkannya dalam semua aspek kehidupan.

“Sesuai dengan misi mewujudkan Kota Banda Aceh sebagai model kota madani, tentunya aparat pemerintah dituntut untuk mengamalkan Al-quran, sehingga sebgai abdi negara dan abdi masyarakat, PNS Kota benar-benar siap melayani warga kota Madani nantinya,” harap Iwan di akhir amanatnya. (Red/Ril)