Polisi Dilarang Memihak Pada Ajang Pemilu

oleh
Polisi Dilarang Memihak Pada Ajang Pemilu
Polisi Dilarang Memihak Pada Ajang Pemilu
Polisi Dilarang Memihak Pada Ajang Pemilu

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Eko Budi Susilo Sik menegaskan, pihak kepolisian harus bersikap netral dan tidak dibenarkan untuk memihak pada suatu kelompok atau partai politik manapun, sebab tugas dan tanggung jawab  kepolisian adalah mengamankan setiap kondisi dan situasi selama proses pemilihan umum (Pemilu) berlangsung.

Hal itu, disampaian Kapolres Abdya, ketika menyampaikan amanat Kapolri, Jenderal Pol Sutarman  dalam kegiatan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Rencong 2014 di halaman Mapolres setempat, juga berhadir Asisten  Pemerintahan Setdakab Abdya, Drs Mac Rivai, Dandim 0110 Abdya Letkol Arm E Dwi Karyono AS, mewakili Kajari Muhammad Fahmi SH, para camat, koramil dan sejumlah Kapolsek, Selasa (18/3).

Gelar pasukan itu bertujuan untuk memantau kesiapan pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu pada 9 April 2014 mendatang, dengan melibatkan personel Polres Abdya, TNI, petugas Dinas Perhubungan, Satpol PP, Rapi, Setkom, Sar dan pemadam kebakaran.

Kepada seluruh personel, Kapolres, mengaharapkan, untuk menyukseskan serta pemantapan pesta demokrasi, para personel harus benar-benar dan menjalankan tugas dengan maksimal.

“Tugas personel adalah untuk mengamankan situasi penyelenggaraan Pemilu yang aman dan lancar,” ujarnya.

Ia menerangkan, untuk diketahuai tugas pokok Polri adalah untuk memelihara dan menjaga  kamtibmas, menegakkan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Tugas pengamanan itu merupakan tanggung jawab serta kewajiban TNI/Polri terhadap berbagai potensi kerawanan yang bisa saja terjadi, seperti tindak pidana Pemilu.

Untuk proses pengamanan, kata Kapolres, pihaknya telah menyiapkan 206 personel Polri ditambah personel TNI serta tenaga pengamanan petugas Linmas.

“Kita harapkan kondisi di Abdya tetap kondusif sehingga diharapkan akan menjadi satu prasyarat terciptanya demokrasi yang sedang dilaksanakan,” kata Kapolres.

Tugas pokok lainnya juga,  untuk mengawal, jadi oleh karenannya dalam rangka mengawal Pemilu  ini, diperlukan kesiapan-kesiapan, sehingga pelaksaan Pemilu bisa berjalan dengan aman.

“Tertib dan lancar pada suasana yang kondusif sehingga Pemilu dapat terselenggara dengan baik,” demikian, Kapolres dalam gelar pasukan yang dikomandoi Kasubbag Bin Ops Polres Abdya AKP Erjan Dasmi. (Red/Zal)