Parpol Di Aceh Barat Daya Ikrar Pemilu Damai

oleh
Parpol Di Aceh Barat Daya Ikrar Pemilu Damai
Parpol Di Aceh Barat Daya Ikrar Pemilu Damai
Parpol Di Aceh Barat Daya Ikrar Pemilu Damai

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Sejumlah partai politik (parpol) baik lokal maupun nasional peserta Pemilu 2014 Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendeklarasikan sekaligus menandatangani ikrar pemilihan umum (Pemilu) damai yang berlangsung di halaman Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, Sabtu (15/3).

Kegiatan deklarasi Pemilu damai yang diikuti 15 parpol tersebut bertujuan untuk menciptakan pesta demokrasi yang bersih, aman, damai, bermartabat, lancar dan berintegritas.

Sebelum penandatanganan dan pelepasan 8 ekor merpati putih sebagai bentuk ikrar damai, Bupati Abdya, Jufri Hasanuddin dalam kesempatan tersebut mengaharapkan semua caleg dari partai peserta Pemilu 2014 mengimplementasikan ikrar damai yang telah dideklarasikan, baik sebelum maupun sesudah pemilu nanti.

“Ini sangat penting untuk kita bersama, kita juga berharap agar deklarasi damai ini tidak hanya di panggung ini saja, melainkan juga diterapkan ke semua tahapan,” ujarnya.

Jufri mengajak para caleg untuk tetap menjaga perdamaian, sebab apapun ceritanya, perdamaian itu merupakan sebuah anugerah yang susah untuk dicapai.

“Terapkan kedewasaan dalam berdemokrasi, junjung tinggi perdamaian, sebab damai sangat tinggi nilainya,” terangnya.

Lebih lanjut Jufri mengingatkan, bahwa masyarakat pada era sekarang ini lebih selektif dalam memilih calon wakilnya maupun calon pemimpin masa depan, sebab masyarakat umumnya tidak mau ditipu oleh orang-orang yang tidak amanah.

“Caleg harus siap kalah, kalau menang sudah tentu siap. Pemkab Abdya akan terus memantau semua tahapan proses pemilihan ini, sehingga dapat menyukseskan Pemilu nantinya,” ungkap Jufri.

Sementara itu, Ketua KIP Abdya, Muhammad Jakfar juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi syarat demi terwujudnya Pemilu yang baik dan dapat diterima hasilnya.

“Kami selaku pihak penyelenggara Pemilu mengimbau seluruh parpol agar menggunakan cara-cara yang elegan dan santun dalam meraih suara serta kepercayaan masyarakat,” imbuhnya.

Disebutkan Jakfar, dalam pemilu nanti pemilih memiliki peran penting karena pemilihlah yang menentukan siapa saja calon wakil rakyat yang akan terpilih.

“Biarkan msyarakat bebas memilih sesuai dengan keinginannya, jangan ada intimidasi ataupun iming-iming uang sebagai imbalan. Ini juga hal penting demi terwujudnya pemilu yang bersih,” singkat Jakfar. (Red/Zal)