Ribuan Kaum Du’afa di Abdya Terima Santunan

oleh
Ribuan Kaum Du’afa di Abdya Terima Santunan
Ribuan Kaum Du’afa di Abdya Terima Santunan
Ribuan Kaum Du’afa di Abdya Terima Santunan

BLANGPIDIE | DiliputNews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyantuni 6000 lebih anak yatim, piatu, cacat permanen, janda tanpa anak dan kepala keluarga sakit menahun, yang digelar di Halaman Kantor Bupati setempat, Kamis (13/3/2014).

Menghadiri prosesi tersebut, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, Wakil Bupati Abdya Yusrizal Razali, Wakil DPRK Abdya Elizar Lizam SE, AK, Asisten II Setdakab Abdya Drs Tamren, Kepala Dinsosnaker Abdya Jasman SPd, Ketua PKK Abdya Ny Novi Elviza Jufri, para Kepala SKPK, para Camat dan seluruh tamu undangan berserta ribuan menerima dana bantuan sosial.

Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, menyampaikan, anak yatim dan fakir miskin merupakan kewajiban negara untuk melindungi dari berbagai aspek. “Muncul ide tersebut, ketika 6 bulan kami dilantik, Kepala Dinas Sosial meminta saya untuk membagi secara simbolis dalam setahun hanya sekali, padahal subtansinya hanya formalitas semata, jelas ini tidak menyelesaikan persoalan masyarakat fakir miskin tersebut sepanjnag tahun,” tuturnya.

Lanjut Jufri, pada setiap tahunnya pemerintah akan memberikan santunan setiap bulan untuk para kaum Du’afa tersebut. “Tahun depan kita akan coba memberikan santunan ini harus setiap bulannya meskipun sedikit, dengan memberi pemahaman kepada teman-teman di DPRK,” sebutnya

Dikatakannya, meski dalam nominal yang sangat kecil, diupayakan tahun depan akan bertambah nominalnya, melalui meningkatan pendapatan asli daerah (PAD), Perbankan juga harus ikut serta membantu para anak yatim ini. “Kedepan janji kita bersama, selama saya memimpin 3 tahun lebih lagi, sampai tahun 2017, persoalan bantuan sosial ini tetap akan dipertahankan,” jelas Jufri

Jufri menegaskan kepada Camat dan Keuchik (Kepala Desa) di Kabupaten Abdya, harus tranparansi dan memberikan data yang pasti. “Kalau ada yang melakukan membohongan terhadap data-data tersebut, saya tegaskan bahwa mereka akan dipidanakan,” tegasnya

Terakhir dalam sambutannya, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin menambahkan, persoalan sosial sudah menjadi tanggung jawab di negeri ini, pengangguran terus meningkat. “Akan ada program pada tahun 2015 untuk menggratiskan beras raskin, kemudian akan digratiskan listrik 2 amper, ini merupakan kepudulian mendasar dan merupakan kewajiban Negara,” demikian sampainya.

Sebelumnya secara singkat, Kepala Dinas Sosial Abdya Jasman, menyatakan, santunan akan diberikan kepada 6000 lebih anak yatim dan piatu, penyandang cacat, janda tanpa anak dan kepala keluarga sakit menahun yang tersebar diseluruh kecamatan dalam kabupaten Abdya, dengan jumlah santunan 100 ribu perbulan dalam setahun.

“Setidaknya dapat membantu meringankan beban mereka, semua ini terhimpun melalui dana APBK tahun anggaran 2014, hal ini dilakukan pemerintah kabupaten Abdya dalam upaya menyelesaikan asalah-masalah sosial yang ada di Abdya,” singkat Jasman. (Red/Zal)