PT Mifa Bersaudara, Serobot 600 Hektar Tanah Warga

oleh
PT Mifa Bersaudara, Serobot 600 Hektar Tanah Warga
PT Mifa Bersaudara, Serobot 600 Hektar Tanah Warga
PT Mifa Bersaudara, Serobot 600 Hektar Tanah Warga

MEULABOH | DiliputNews.com – Puluhan warga Desa Sumber Batu Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Selasa (11/03) menggelar aksi pemblokiran jalan dan penutupan lahan tambang batu bara PT Mifa Bersaudara, sebagai bentuk bentuk kekecewaan warga akibat penyerobotan lahan seluas 600 hektare oleh PT Mifa Bersaudara.

M. Supardi S, warga Sumber Batu mengungkapkan, blokir jalan yang dilakukan dengan cara memagari beberapa ruas jalan dan penutupan lokasi penambangan,karena persoalan lahan desa mereka tidak tuntas meski sudah pernah diminta diselesaikan baik itu ke Pemkab, Camat, dan pihak kepolisian sejak tahun lalu sehingga berlarut. Apa yang dituntut agar dikembalikan lahan mereka juga tidak dipenuhi.

Ia mengatakan, lahan eks transmigrasi milik mereka itu telah dikuasai oleh PT Mifa Bersaudara sehingga ini jelas-jelas penyerobotan.

“Aksi blokir jalan ini sebagai bentuk kekecewaan terhadap tidak ada penyelesaian,” ujar M. Supardi S yang mewakili puluhan peserta aksi.

M. Supardi S selaku koordinator aksi yang juga pemilik lahan,  menuding pihak PT Mifa Bersaudara telah mengkondisikan orang orang untuk menjual lahan yang ada di sekitar kawasan tersebut.

Usai aksi berlansung pihak Satpam PT. Mifa Bersaudara sempat adu mulut dengan para pendemo, alasan terganggu pekerja dengan adanya pemagaran jalan dan sejumlah Spanduk yang di pasang di beberapa titik lokasi penambang yang bertuliskan.

“Tanah ini milik masyarakat Sumber Batu, Sebelum di selesaikan kepada pemilik semua kegiatan harus di hentikan,” ujarnya

Namun keributan tersebut tidak berlansung lama, setelah diberi penjelasan oleh para pendemo, sampai sore tadi belum ada pihak perusahaan yang menjumpai para pendemo, aksi tersebut akan terus berjalan sampai tuntutan mereka dipenuhi.

Aksi berlansung damai tanpa pengawalan dari aparat kepolisian, namun hanya terlihat beberapa oknum dari TNI berseragam lengkap yang berada dilokasi aksi tersebut.(Red/Ar)