Pelayaran Meulaboh Simeuleu Mulai Beroperasi

oleh
Pelayaran Meulaboh Simeuleu Mulai Beroperasi
Pelayaran Meulaboh Simeuleu Mulai Beroperasi
Pelayaran Meulaboh Simeuleu Mulai Beroperasi

MEULABOH | DiliputNews.com – Pelayaran kapal penumpang dari Meulaboh menuju Kabupaten Simeuleu, Sabtu (19/10) mulai beroperasi dengan menggunakan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 35 milik Kementrian Perhububungan pusat.

Keberangkatan perdana tersebut dilakukan,  melalui Pelabuhan Jetty Meulaboh, yang berada di Desa Suak Indra Puri, Kecamatan Johan PahlawanN Aceh Barat.

Awak Kapal, Heri Kurniawan kepada wartawan mengatakan kapal tersebut memang sengaja disediakan Dirjen Perhubungan pusat untuk melayani penumpang wilayah kepulauan, seperti untuk penyebrangan dari Meulaboh menuju Simeulu.

Ia menjelaskan, mulai beroperasinya Pelayaran kapal penumpang dari Meulaboh menuju Simeuleu atas permintaan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kepada Dirjen Perhubungan laut pusat.

“Mengangkut penumpang di Meulaboh ke Simeuleu atas permintaan Pemerintah Daerah disini, dengan jadwal berangkat satu bulan kali,” jelasnya.

Heri menambahkan, adanya pelayaran ini bisa mempermudah transportasi masyarakat Meulaboh dan juga sebagai upaya membantu masyarakat kepulauan tersebut melayani penyebrangan.

Untuk muatan penumpang, Kata Heri, mampu mengangkut 100 penumpang dan memiliki mushalla dan ranjang bagi setiap penumpang.

Sementara untuk ongkos tiket menuju kepulauan Simeuleu, katanya lagi Sinabang Meulaboh atau sebaliknya hanya Rp50 ribu, dan harga tiket penumpang itu juga sudah termasuk asuransi jiwa.

“Harga tiket penumpang, Meulaboh-Sinabang Rp50 ribu, Sinabang Calang Rp75 ribu, Sinabang Malahayati Rp100 ribu, Sinabang Nias Rp100 ribu dan Sinabang Padang Rp150 ribu,” detailnya.(Red/Af)