Massa Juga Bakar Foto Malik Mahmud Di Aceh Selatan

oleh
Massa Juga Bakar Foto Malik Mahmud Di Aceh Selatan
Massa Juga Bakar Foto Malik Mahmud Di Aceh Selatan
Massa Juga Bakar Foto Malik Mahmud Di Aceh Selatan

TAPAKTUAN | DiliputNews.com – Massa yang tergabung dalam Komite Percepatan Pemekaran Provinsi Aceh Barat Selatan (KP3 ABAS) Aceh Selatan, Senin (16/9) juga melakukan pembakaran foto Malik Mahmud saat melakukan aksi demontrasi penolakan terhadap Wali Nanggroe, di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Selatan.

Ketua KP3 ABAS Aceh Selatan, T Sukandi, dalam orasinya mengatakan pemekaran Provinsi Aceh Barat Selatan merupakan aspirasi yang harus diperjuangkan sampai berhasil, sampai provinsi ALA dan ABAS menjadi kenyataan.

Dikatakan Sukandi, terhadap pengukuhan Wali Nanggroe adalah tindakan mengangkangi aturan positif, sebuah pembangkangan kontitusi, karena mereka adalah warga republik Indonesia tapi memakai aturan sendiri yang bertentangan dengan tatacara membuat aturan itu sendiri.

“Kita menolak secara keras dan tegas pengukuhan Wali Nanggroe di Aceh,” ungkap Sukandi

Sukandi juga menilai, semua qanun-qanun produk DPRA adalah sebuah qanun pemaksaan kehendak, bukan hanya melanggar Peraturan Pemerintah (PP), tapi juga melanggar undang-undang dan melanggar kontitusi.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRK Aceh Selatan, Khaidir Amin, mengatakan terhadap pemekaran provinsi ALA dan ABAS, pihaknya sangat sepakat, karena kalau dilihat dari segi pembangunan di daerah pantai barat selatan jauh ketinggalan dari daerah lain.

“Pada prinsipnya kami sangat sepakat, karena dilihat dari segi pembangunan di pantai barat selatan sangat jauh berbeda dari daerah lainnya,” ujar Khaidir. (Red/Za/Af)