Politisi PAN Gugat KIP Aceh Barat

oleh
Politisi PAN Gugat KIP Aceh Barat
Politisi PAN Gugat KIP Aceh Barat
Politisi PAN Gugat KIP Aceh Barat

MEULABOH | DiliputNews.com – Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) dari daerah pemilihan dua (dapil-2) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, akan menggugat Komisi Independen Pemilihan (KIP), karena mencoret nama bakal calon dari daftar pemilih tetap (DCT).

“Kita akan menerima gugatan dari politisi PAN ini, karena nama yang kita coret sebelumnya sudah dibawa kepleno dan kesalahannya tidak melengkapi berkas administrasi pencalonan,” kata Ketua KIP Aceh Barat Bahagia Idris di Meulaboh, Jumat 23 Agustus 2013.

Didampingi Pokja Pencalonan Sabki Mustafa Habli, ia menuturkan, jumlah DCT anggota legislatif (caleg) peserta pemilu 2014 di wilayah itu ditetapkan 421, berkurang dari daftar calon sementara (DCS) sebanyak enam orang atau setara 1,2 persen dari total 427 orang.

Gugatan politisi PAN itu baru dapat dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK) apabila berkas persyaratan gugatan ditindak lanjuti oleh panitia pengawasan pemilu (panwaslu) dan ia mengharapkan gugatan itu segera dilakukan agar tidak mengulur waktu.

Selain itu, kata dia, apabila ditotal secara keseluruhan harusnya ada 465 caleg dalam lima dapil usungan 12 parpol nasional dan tiga parpol lokal, namun karena ada dua partai politik tidak menyerahkan kuota 120 persen jumlah peserta berkurang.

“Yang terserap hanya 90,5 persen, sementara peluang untuk kuota 9,5 persen lagi tidak dimanfaatkan karena parpol di Aceh Barat kesulitan mendapat calon berkwalitas, malahan ada yang mengundurkan diri,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bahagia menuturkan, setelah penetapan DCT caleg Aceh Barat, pihaknya juga menerima laporan tentang ketidak afsahan berkas administrasi pencalonan seperti ijazah dan masih ada caleg memangku jabatan.

Kata dia, mengenai hal tersebut sudah akan ditangani pihak panwaslu dan pihak kepolisian untuk menyelidiki kebenaran adanya caleg DCT yang sudah lolos dengan mengantongi berkas administrasi yang dipalsukan.

Bahagia merincikan, dari 198.853 total penduduk 12 kecamatan Aceh Barat, untuk dapil-1 Kecamatan Johan Pahlawan akan memperebutkan delapan (8) kursi dari 65.473 penduduk, kemudian dapil-2 terdiri dari kecamatan Sama Tiga, Bubon dan Arongan Lambalek memperebutkan empat (4) kursi dari 35.308 penduduk.

Untuk dapil-3 terdiri dari Kecamatan Sungai Mas, Woyla, Woyla Barat dan Woyla Timur memperebutkan lima (5) kursi dari 30.904 penduduk. Dapil-4 terdiri dari Kecamatan Kawai XVI, Pante Cereumen dan Panton Reu memperebutkan empat (4) kursi dari 39.121 penduduk, terakhir dapil-5 Kecamatan Meureubo memperebutkan empat (4) kursi dari 28.047 penduduk.(Red/Ant)