Sebagian Warga Nagan Raya Berlebaran Hari Ini

oleh
Sebagian Warga Nagan Raya Berlebaran Hari Ini
Sebagian Warga Nagan Raya Berlebaran Hari Ini
Sebagian Warga Nagan Raya Berlebaran Hari Ini

NAGAN RAYA | DiliputNews.com –  Sebagian warga di Kabupaten Nagan Raya, hari ini, Rabu (7/8) sudah melaksanakan shalat idul fitri 1434 Hijriah, shalat id dipusatkan di mesjid tua Abu Habib Muda Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya.

Cucu Habib muda Seunagan, TJ Jalamudin S.Sos MM, mengatakan, penetapan tersebut setelah melakukan isbath atau rapat penetapan dengan sejumlah pemaku ulama pengikut Habib Muda Seunagan.

“Kami lebaran Idul Fitri karena telah menyelesaikan puasa Ramadhan selama 30 hari penuh dan keputusan ini juga setelah melakukan perundingan dengan seluruh pengemuka di kalangan kami,” katanya.

Cucu kandung (Alm) Habib Muda ini menjelaskan Kecamatan Seunagan Timur  melakukan shalat Idul Fitri di Mesjid tua Abu Habib Muda, merupakan induk penganut Abu Peulukung.

“Lebaran dan shalat Idul Fitri hari ini juga dilaksanakan di Aceh berpaham sama, yaitu Aceh Barat, Aceh Jaya, Aceh Tenggah, Aceh Utara, dan Aceh Selatan,” ungkapnya.

Lanjutnya, ritual ini dilakukan secara turun temurun sejak 253 tahun silam karena kakeknya selaku pencetus aliran tersebut merupakan salah satu pengemuka agama Islam di Provinsi Aceh yang masyhur namanya sampai keluar Indonesia.­­­­­­­­­­­­­ (Red/MC)