Polres Abdya Tangkap Pengedar Ganja Seberat 14 Kg

oleh
Polres Abdya Tangkap Pengedar Ganja Seberat 14 Kg
Polres Abdya Tangkap Pengedar Ganja Seberat 14 Kg
Polres Abdya Tangkap Pengedar Ganja Seberat 14 Kg

ABDYA | DiliputNews.com – Polres Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil menangkap seorang kurir ganja di kawasan pasar buah Kecamatan Babahrot, kabupaten setempat, Senin (4/8) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. Ganja seberat 14 kg berhasil diamankan.

Kapolres Abdya, AKBP Eko Budi Susilo Sik, melalui Kasat Narkoba, Ipda Syamsuir H, kepada wartawan, Senin (5/8) mengatakan, ganaj tersebut berhasil diamankan setelah menyergap seorang tersangka.

“Tersangka berjumlah dua orang, masing-masing FD dan ZH, namun ZH berhasil meloloskan diri dalam kegelapan malam,” ujar Ipda Syamsuir. Disebutkan, penangkapan kurir ganja tersebut bermula dari informasi masyarakat setempat.

Polisi kemudian langsung bergerak dengan melibatkan empat personel Satnarkoba, dua personel Reskrim dan satu dari intelijen.

Untuk menangkap pelaku, petugas mengintai lebih dari enam jam sejak pukul 08.00 WIB ketika tersangka hendak menuju Gelanggang Gajah mengendarai sepeda motor dari arah Nagan Raya.

“Sampai di kawasan Pasar Buah atau kurang lebih beberapa meter dari pos pengamanan Operasi Ketupat Rencong, tersangka seketika itu tancap gas menghindari kejaran polisi.

Namun tersangka kehilangan kendali atas sepeda motornya setelah seorang tersangka melompat. Tersangka FD yang saat itu menyandang dua tas, langsung ditangkap petugas,” jelasnya.

Syamsir melanjutkan, tersangka FD mengaku baru pertama kali membawa ganja, bahkan dia tidak tahu bahwa ZH mengajaknya untuk mengambil ganja di Nagan Raya dari seorang agen yang saat ini sudah masuk dalam penyelidikan polisi.

“Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan 11 paket besar ganja kering siap edar,” ungkapnya seraya menambahkan, tersangka tidak dapat mengelak lagi setelah paket ganja kering yang dibungkus dengan kertas semen itu ditemukan di dalam salah dua tas.

Tersangka mengaku barang haram itu dibawa dari Ujung Jarum Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, dan akan diantarkan kepada salah seorang di Gelanggang Gajah Kecamatan Kuala Batee, Abdya.

“Akibat kejahatannya ini, tersangka bisa dikenai ancaman penjara 15 tahun, sedangkan untuk tersangka lainnya masih dalam pengejaran,” tuturnya. (Red/AS)