Mudik di Aceh Ramai di Malam Hari

oleh
Mudik di Aceh Ramai di Malam Hari
Mudik di Aceh Ramai di Malam Hari
Mudik di Aceh Ramai di Malam Hari

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Aktivitas mudik lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah di terminal angkutan penumpang antarkota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antarprovinsi (AKAP) di Aceh lebih ramai malam hari.

Pantauan lapangan di Banda Aceh aktivitas terminal penumpang dan mobil angkutan yang ada di kawasan Batoh Kota Banda Aceh terlihat sepi saat pagi dan siang hari dibanding malam hari.

Sekretaris Posko Lebaran Idul Fitri Dishubkomintel Aceh Ulil Amri mengatakan jumlah penumpang yang berangkat melalui Banda Aceh menuju lintas timur hingga saat ini mencapai 1.130 orang dan penumpang yang berangkat lintas barat selatan sebanyak 747 penumpang.

Disebutkannya, total penumpang yang telah berangkat hingga H-5 ke berbagai tujuan mencapai 1.877 penumpang dan jumlah penumpang yang datang ke Banda Aceh sebanyak 939 penumpang.

Disebutkannya, total armada yang disiapkan untuk mengangkut arus mudik di Provinsi Aceh pada tahun 2013 mencapai 3.159 unit terdiri dari AKAP 667 unit dan AKDP 3.159 unit.

Ia mengatakan total kursi yang tersedia dari tiga ribuan armada yang disiapkan 70 perusahaan angkutan AKAP dan 58 perusahaan angkutan AKDP mencapai 67.695 seat.

Pihaknya juga mempersiapkan armada cadangan sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang yang akan berlebaran di kampung halaman pada Idul Fitri.(Red/Ant)