Peta Aceh Barat Tolak Pengibaran Bendera Aceh

oleh
Front Pembela Tanah Air (PETA)
Front Pembela Tanah Air (PETA)
Front Pembela Tanah Air (PETA)

MEULABOH | DiliputNews.com – Front Pembela Tanah Air (PETA) di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, menolak pengibaran bendera bulan bintang yang digunakan pihak Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada massa konflik bersenjata.

“Front PeTA akan memberikan perlawanan apabila pengibaran bendera bulan bintang tetap dipaksakan. Bendera itu tidak sesuai dengan aspirasi kami,” kata Sekretaris Umum Front PeTA Aceh Amiruddin yang dihubungi dari Banda Aceh, Jumat 2 Agustus 2013.

PeTA telah menyatakan sikap untuk memberikan perlawanan apabila ada pihak yang ingin memperkeruh suasana di Aceh, khususnya dengan rencana pengibaran bendera Aceh pada tanggal 15 Agustus 2013.

Sebagai bukti penolakan terhadap bendera bulan bintang itu, puluhan massa front PeTA dengan mengenakan pakaian seragam lengkap beserta baret merah sekitar pukul 16.00 WIB mengibarkan ratusan bendera merah putih di pusat Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Bendera merah putih dikibarkan di sejumlah ruas jalan protokol, Simpang Tugu Pelor dan bundaran Simpang Kisaran.

Seusai mengibarkan bendera merah putih yang dipimpin Panglima Front PeTA Aceh Barat Taufik, massa juga melakukan penghormatan dan mengundang perhatian warga yang melintas di kawasan itu.

Selain itu, massa front PeTA juga melakukan penggatian bendera merah putih di pertokoaan dengan bendera baru.

“Kami juga mengimbau agar warga tetap mengibarkan bendera merah putih menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia nanti,” kata Amiruddin.(Red/Ant)