Pemilih Pemula di Aceh Utara Banyak Belum Terdaftar

oleh
Pemilih Pemula di Aceh Utara
Pemilih Pemula di Aceh Utara
Pemilih Pemula di Aceh Utara

ACEH UTARA | DiliputNews.com – Pemilih pemula di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, diharapkan dapat terjaring dan dimasukkan dalam daftar pemilih tetap (DPT), karena berdasarkan laporan banyak yang belum tercatat.

“Berdasarkan laporan yang kami terima dari masyarakat, banyak pemilih pemula yang belum terdaftar,” kata Ketua Kelompok Kerja Pendaftaran Pemilih KIP Aceh Utara M Rizwan H Ali yang dihubungi dari Banda Aceh, Jumat 2 Agustus 2013.

Menurut dia, hal ini terjadi saat pendataan, banyak pemilih pemula terlewatkan, sehingga mereka tidak terdaftar dan akhirnya tidak masuk dalam daftar pemilih sementara atau DPS.

Menyangkut jumlah pemilih pemula yang belum terdaftar, M Rizwan H Ali mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti. Hanya saja berdasarkan laporan yang masuk, di antaranya yang paling dominan adalah pada pemilih pemula.

“Kami berharap pemilih pemula yang belum terdaftar segera mendaftarkan diri ke panitia pemungutan suara atau PPS yang ada di setiap desa, sehingga nantinya mereka bisa masuk DPT,” imbau M Rizwan H Ali.

Selain pemilih pemula, ia juga mengimbau masyarakat yang juga belum terdaftar di DPS segera mendaftarkan diri, agar mereka tidak kehilangan hak pilih pada pemilu 9 April 2014.

“Kepada masyarakat yang namanya belum terdaftar di DPS yang sudah ditempelkan di kantor desa dan tempat umum, agar dapat menghubungi petugas PPS, melaporkan supaya namanya dimasukkan sebagai pemilih,” kata dia.

Ia menyebutkan, penetapan DPS menjadi DPT dijadwalkan 7 hingga 13 September 2013. Karena itu, masyarakat yang belum terdaftar segera mendaftar sebelum penetapan DPT.

Menyangkut jumlah pemilih sementara di Aceh Utara, ia mengatakan jumlahnya mencapai 393.448 jiwa yang tersebar di 27 kecamatan dan 852 gampong atau desa.(Red/Ant)