PNPM Aceh Barat Perkuat Akses Permodalan Usaha Kecil

oleh
PNPM Latih Warga Jadi Jurnalis
PNPM Aceh Barat Perkuat Akses Permodalan Usaha Kecil
PNPM Aceh Barat Perkuat Akses Permodalan Usaha Kecil

MEULABOH | DiliputNews.com – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Aceh Barat,  menjalin kerjasama dengan pihak perbankan untuk memperkuat akses permodalan kepada pelaku usaha kecil diwilayah itu.

Hal tersebut disampaikan Koordinator PNPM Mandiri perkotaan T Masren, kepada DiliputNews.com, Kamis (1/8) di Meulaboh.

Katanya, selama ini akses masyarakat pelaku usaha kecil ke perbankan masih begitu lemah malahan perbankan di Aceh Barat mempersulit setiap masyarakat kecil yang hendak mendapatkan modal usaha.

“Selama ini pelaku usaha kecil  dipersulit dengan alasan pihak perbankan enggan memberikan modal kepada masyarakat usaha kecil karena takut tidak mampu mengembalikan,” katanya.

Dengan terjalinnya kerjsama dengan Bank Mandiri Syariah Meulaboh yang perdana ini, diharapkan dapat membantu masyarakat miskin tidak seperti bank lain yang ada di Aceh Barat.

“Akses permodalan kepada Pelaku usaha kecil yang dibina ini diharapkan ada perbankan yang dapat menjadi bapak angkat UKM, sehingga membantu masyarakat miskin,” katanya menambahkan.

Ia menambahkan, pembinaan itu dilaksanakan selama satu hari, dimana dimana pelaku usaha binaan PNPM Mandiri perkotaan sudah mandiri dan diperkirakan mampu mengembalikan modal sebesar apapun yang dipinjam dari perbankan.

Lebih lanjut dikatakan, lebih seratusan pelaku usaha kecil menengah yang tergabung dalam binaan PNPM Mandiri perkotaan, namun akan diseleksi dan dipilih beberapa UKM yang diperkirakan bisa diusulkan berkerja sama dengan Bank Mandiri Syariah.

“Pada tahun sebelumnya sudah pernah berupaya menjalin kerja sama dengan BRI, akan tetapi perbankan ini tidak dapat memberikan modal usaha kepada UKM binaan PNPM,” tutupnya.