Unsyiah Gratiskan SPP Mahasiswa Korban Gempa Aceh

oleh
Perguruan Tinggi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh
Perguruan Tinggi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh
Perguruan Tinggi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Perguruan Tinggi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh membebaskan SPP bagi para mahasiswa korban Gempa Aceh Tengah dan Bener Meriah dari kewajiban membayar SPP selama satu semester yakni semester ganjil 2013/2014 untuk mahasiswa lama.kamis,(01/08/2013).

Hal ini didasarkan atas keputusan yang ditetapkan untuk membantun para mahasiswa asal daerah tersebut untuk tetap dapat melanjutkan pendidikan di Unsyiah dan kepedulian Unsyiah terhadap korban Gempa yang melanda tanah Gayo akhir-akhir ini.

Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng  mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendata seluruh para mahasiswa korban gempa gayo dan bener meriah berdasarkan tempat tinggal, sehingga bisa diketahui mana yang menjadi korban dan tidak guna untuk mempermudahkan pendataan.

selanjutnya, Ia menghimabau agar para mahasiswa dianjurkan untuk melapor ke Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Biro Rektor Unsyiah sampai dengan tanggal 15 Agustus 2013 dengan syarat membawa Surat keterangan tertimpa musibah dari kepala desa dan mengetahui camat di mana orang tua mahasiswa berdomisili, foto rumah yang rusak, kartu keluarga, ktp/ktm dan KRS/Slip SPP.

lanjutnya, Sampai saat ini tanggal 01 Agustus 2013 sudah 51 orang mahasiswa asal Aceh Tengah dan Bener Meriah yang melapor ke Biro Kemahasiswaan Unsyiah. Samsul Rizal mengharapkan kepada semua pihak untuk dapat mensosialisasikan kebijkan pembebasan SPP ini kepada orang tua mahasiswa Unsyiah korban gempa Gayo, dan kepada kepala desa dan camat di kedua kabupaten tersebut supaya mempermudah memberikan surat keterangan tertimpa musibah bagai mahasiswa yang akan meminta surat rekomendasi.

Setelah pendataan selesai, pada tanggal 16 sd 20 Agustus 2013 tim Unsyiah akan memverifikasi data untuk mengetahui apakahmahasiswa tersebut layak atau tidak dibebaskan SPP semester ganjil 2013/2014.

Pembayaran SPP semester Ganjil 2013/2014

Pada kesempatan yang sama Rektor unsyiah juga menjelaskan bahwa bagi mahasiswa lama pembayaran SSP sampai dengan tanggal 23 Agustus 2013 secara online melalui Bank yang sudah bekerja sama dengan unsyiah. Pembayaran SPP mahasiswa lama sesuai dengan kalender Akademik. Penjelasan Rektor Unsyiah tersebut membantah rumor yang beredar bahwa pembayaran SPP akan berakhir tanggal 2 Agustus 2013.

Tanggal 2 agustus hanya penutupan tahap pertama, akan ada tahap berikutnya sesuai kalender akademik. Samsul Rizal berharap kepada mahasiswa Unsyiah untuk tidak mudah termakan isu–isu yang beredar di luar, untuk itu mahasiswa unsyiah diharapkan untuk memperoleh informasi yang resmi, misalnya dari website unsyiah.(Red/Boy)