Polisi Bekuk Pelaku Penipuan Emas Di Meulaboh

oleh
Pelaku Penipuan Emas Di Meulaboh
Pelaku Penipuan Emas Di Meulaboh
Pelaku Penipuan Emas Di Meulaboh

MEULABOH | DiliputNews.com – Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resors (Polres) Aceh Barat, Minggu (30/6) berhasil membekuk seorang pelaku penipuan emas palsu asal Aceh Timur.

“Penangkapan tersebut atas informasi pemilik toko emas Aidil Jaya di Jalan Teuku Umar, pelaku menjual gelang emas palsu yang dilengkapi surat,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Faisal Rivai SIK melalui Kasat Reskrim Iptu M Riyan Citra Yudha.

Pelaku bernisial MY (45) warga Alue Ie Merah, Aceh Timur. Sementara dari tangan tersangka kita menyita barang bukti berupa gelang emas palsu, uang Rp.427.000 dan surat permohonan bantuan dari sebuah pondok pesantren.

“Selain menjual emas tersebut, pelaku juga melakukan aktivitas meminta bantuan atas nama pondok pesantren, Uang 427.000 rupiah itu hasil minta-mintanya,” jelas Ryan.

Saat kita mintai keterangan, pelaku juga belum pernah memberikan kepada pondok pesantren tersebut, “Kita menduga pelaku meminta-minta tersebut salah satu modus memuluskan kejahatannya,” tambah Ryan.

Menurut Ryan, peredaran emas palsu ini sudah mulai marak di Aceh Barat, “Kita akan lakukan penyelidikan terhadap pelaku apa dia mempunya jaringan, atau anggota sindikat penipuan,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 372 yunto pasal 378 KUHP tentang penipuan di mana pelakunya dapat dijerat pidana maksimal dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Sementara itu, seorang pemilik toko emas di Meulaboh Marzuki mengaku, selama sebulan terkhir kerap terjadi penipiun dengan motif menjual emas palsu yang dilengkapi surat.

Bahkan katanya, ada pelaku yang menjual emas tersebut saat di cek kebenaran emas sulit dikenali, “Ketahuannya emas palsu itu saat dilebur, kerugian mencapai puluhan juta rupiah,” ungkapnya.

Untuk pelaku yang dibekuk polisi, Katanya emas yang dijual berbentuk gelang sama persis sama kejadian pertama, “Makanya kami curiga dan melaporkan kepihak kepolisian,” katanya.