Pemerintah Aceh Usulkan Anggaran 2014 Sebesar Rp12,4 Triliun

oleh
Tingkatkan Daya Serap Anggaran
Pemerintah Aceh Usulkan Anggaran 2014 Sebesar Rp12,4 Triliun
Pemerintah Aceh Usulkan Anggaran 2014 Sebesar Rp12,4 Triliun

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pemerintah Aceh mengusulkan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Perencanaan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2014 sebesar Rp12,4 triliun.

Usulan tersebut dituangkan dalam dokumen KUA-PPAS 2014 yang diserahkan Gubernur Aceh Zaini Abdullah kepada Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah di gedung dewan setempat di Banda Aceh, Jumat 28 Juni 2013.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Abubakar Karim mengatakan KUA-PPAS yang diusulkan tersebut nilainya mencapai Rp12,4 triliun. KUA-PPAS ini menjadi pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2014.

“Usulan KUA-PPAS ini meningkat dibanding tahun anggaran 2013. Di mana APBA 2013 sebesar Rp11,78 triliun. Peningkatan ini diprediksi bersumber dari pendapatan asli Aceh sekitar Rp40 miliar hingga Rp45 miliar,” katanya.

Selain itu, kata Abubakar Karim, ada proyeksi peningkatan pendapatan dari dana otonomi khusus. Pendapatan otonomi khusus ini biasanya meningkat lima hingga tujuh persen setiap tahunnya.

Kemudian, proyeksi peningkatan pendapatan lainnya seperti dana alokasi umum atau DAU. Tahun lalu ada peningkatan 1,09 persen, tahun depan diperkirakan meningkat menjadi 1,2 persen.

“Kenapa diusulkan meningkat” Sebab, kami optimis anggaran 2014 diperkirakan meningkat sekitar tujuh persen. Hal ini juga disesuaikan dengan perkiraan kenaikan APBN,” katanya.

Ia mengatakan, jadwal pembahasan KUA-PPAS hingga pengesahannya menjadi APBA 2014 tersebut tergantung kesepakatan antara eksekutif dan legislatif. Namun begitu, eksekutif berharap APBA 2014 ini bisa disahkan akhir minggu ketiga Desember 2013.

“KUA-PPAS ini dibahas dulu setelah itu ditetapkan menjadi Rencana Kerja Anggaran atau RKA dan eksekutif mengusulkannya kembali menjadi Rancangan APBA 2014. Rancangan APBA ini dibahas di legislatif sebelum disetujui menjadi APBA,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah mengatakan pihaknya berupaya bisa menyelesaikan KUA-PPAS hingga ditetapkan menjadi APBA 2014 secepatnya, sehingga bisa disahkan pada akhir Desember 2013.

“Kami berupaya APBA 2014 bisa ditetapkan dan disahkan akhir tahun ini. Kami akan mendorong para anggota DPR Aceh untuk memfokuskan pembahasan anggaran, sehingga bisa disahkan sesuai jadwal,” kata Hasbi Abdullah.(Red/Ant)