Muhammad Tanwier Mahdi Jadi Wakil Ketua DPR Aceh

oleh
Muhammad Tanwier Mahdi
Muhammad Tanwier Mahdi
Muhammad Tanwier Mahdi

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Muhammad Tanwier Mahdi, Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR Aceh dikukuhkan menjabat wakil ketua lembaga legislatif tersebut, menggantikan Amir Helmi yang meninggal dunia pada 23 Januari 2013.

Pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan itu berlangsung dalam sidang paripurna istimewa yang dipimpin Wakil Ketua DPR Aceh Sulaiman Abda di Banda Aceh, Kamis 27 Juni 2013.

Sulaiman Abda mengatakan, dengan dikukuhkannya Muhammad Tanwier Mahdi, maka kursi Wakil Ketua I DPR Aceh yang kosong sejak beberapa bulan terakhir kembali terisi.

“Sebagai wakil ketua, Muhammad Tanwier Mahdi mengoordinir tiga komisi, yakni Komisi A bidang hukum, politik, dan pemerintahan. Kemudian Komisi B bidang perekonomian, sumber daya, dan lingkungan hidup serta Komisi C bidang keuangan dan investasi,” kata Sulaiman Abda.

Politisi Partai Golkar tersebut menyebutkan Muhammad Tanwier Mahdi dikukuhkan sebagai Wakil Ketua DPR Aceh berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.11-4571 Tahun 2013 tertanggal 17 Juni 2013.

“Sesuai surat keputusan tersebut DPR Aceh melaksanakan pengukuhan dan pengambilan sumpah Muhammad Tanwier Mahdi sebagai wakil ketua lembaga legislatif ini,” kata Sulaiman Abda.

Sementara itu, Gubernur Aceh Zaini Abdullah dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh T Setia Budi mengharapkan Wakil Ketua DPR Aceh yang baru dikukuhkan tersebut bisa bersinergi dengan Pemerintah Aceh.

Selain itu, lanjut dia, Wakil Ketua DPR Aceh bisa menjadi mediator dan motivator membangun kemitraan antara eksekutif dan legislatif di Pemerintahan Aceh.

“Hubungan antara eksekutif dan legislatif selama ini semakin harmonis. Karena itu, kami berharap dengan dikukuhkannya Muhammad Tanwier Mahdi sebagai unsur pimpinan dewan, hubungan kemitraan ini bisa semakin harmonis,” ungkap Gubernur Aceh.(Red/Ant)