Anggota Legislatif Aceh Besar Tolak Calon Anggota KIP

oleh
DPT Aceh Barat Berkurang 247 Pemilih
Anggota Legislatif Aceh Besar Tolak Calon Anggota KIP
Anggota Legislatif Aceh Besar Tolak Calon Anggota KIP

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Anggota legislatif Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Nourman Hidayat menyatakan menolak penetapan calon anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) oleh pimpinan dan Ketua Komisi A DPRK setempat, karena dinilai melanggar undang-undang.

“Secara prosedur pemilihan ini telah melanggar pasal 16 Qanun (Perda) Nomor 7/2007 tentang penyelenggara pemilihan umum di Aceh. PKS dan beberapa fraksi lain juga menolak hasil penetapan Komisioner KIP itu,” katanya di Banda Aceh, Rabu 26 Juni 2013.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu menyebutkan tiga fraksi DPRK Aceh Besar juga menolak penetapan komisioner KIP yakni Fraksi Partai Demokrat, PKS/PPP dan Golkar/PBB.

“Akan tetapi dua fraksi lainnya yakni Partai Aceh dan PAN tetap melakukan paripurna,” kata Nourman Hidayat yang juga juru bicara tiga fraksi (Partai Demokrat, PKS/PPP dan Golkar/PBB) di DPRK Aceh Besar itu.

Nourman Hidayat menilai oknum pimpinan dan Ketua Komisi A DPRK Aceh Besar Saiburahmani telah memaksakan sistem penilaian menyimpang yaitu menggabungkan nilai uji kepatutan dengan nilai sebelumnya yang dihasilkan panitia seleksi.

Saat ini, katanya, oknum pimpinan dari unsur Partai Aceh dan PAN sedang mengantarkan hasil penetapan Komisioner KIP Aceh Besar ke KPU pusat untuk disahkan.

“Kami menginginkan kebaikan untuk semua orang, bukan hanya beberapa partai saja. Kami mengajak fraksi PA dan PAN untuk bersikap bijak dan adil. Mari kita bermusyawarah,” katanya. (Red/Ant)