Consulate Jendral Jepang Lihat Potensi Alam Aceh Barat

oleh
Consulate Jendral Jepang Lihat Potensi Alam Aceh Barat
Consulate Jendral Jepang Lihat Potensi Alam Aceh Barat
Consulate Jendral Jepang Lihat Potensi Alam Aceh Barat

MEULABOH | DiliputNews.com – Consulate Jenderal Jepang Yuji Hamada, Rabu (26/6) melakukan kunjungan ke wilayah Aceh Barat, untuk melihat hasil potensi alam setempat.

Kunjungan Consulate Jenderal Jepang Yuji Hamada di Aceh Barat, atas undangan anak Aceh, Alumni (Magang) Jepang yang terjalin dalam Forum Aceh-Jepang (FAJ) daerah Barat Selatan Aceh.

Kunjungan tersebut diharapkan mampu mengembangkan sejumlah potensi alam untuk lebih baik lagi dan bermanfaat bagi masyarakat. Dalam kunjungan di Aceh Barat, Consulate Jenderal Jepang Yuji Hamada, memantau langsung fasilitas pendukung di Tempat Penjualan Ikan (TPI), Desa Ujung Baroh, Meulaboh, sebagai wadah lokasi penampungan ikan hasil tangkapan nelayan Aceh Barat.

Selain itu, ia juga melihat kondisi dan persiapan irigasi Lhok Geuci sebagai infrastruktur sarana penyedia air yang merata bagi area pertanian rakyat. Consulate Jenderal Jepang Yuji Hamada, juga menyempatkan diri melihat secara langsung area pertanian warga pada Desa Seumantok, Kecamatan Pante Cereumen.

Consulate Jenderal Jepang Yuji Hamada yang didampingi stafnya Rismaja Putra mengaku tertarik dengan hasil produksivitas masyarakat Aceh Barat, terutama pada sector perikanan.

“Bagus-bagus ikan hasil tangkapan nelayan, apalagi ikan tuna. Aceh Barat cukup berpotensi menjadi daerah pemasok ikan segar bagi mancanegara, salah satunya bagi Jepang,” katanya disela-sela kunjungan TPI di Meulaboh.

Sementara itu, Ketua Forum Aceh Jepang (FAJ) Daerah Barat Selatan Aceh, Zulfriansyah, saat di konfirmasi mengatakan kegiatan tersebut diharapkan mampu mengembangkan potensi alam yang ada di Aceh Barat agar lebih baik lagi, tentunya dengan bekerjasama dengan pemerintah jepang.

“Potensi yang dimiliki masyarakat Aceh Barat, sangat cocok untuk dikembangkan,” ungkap Zulfriansyah.

Kunjungan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Aceh Barat H. Rachmat Fitri HD, Sekda Aceh Barat, Bukhari, Kepala Bapeda Aceh Barat Dadek Ahmad, dan beberapa tokoh pemuda dan tokoh masyarakat lainnya.