Bacaleg Aceh Barat Masih Ada Berstatus PNS

oleh
DPT Aceh Barat Berkurang 247 Pemilih
Bacaleg Aceh Barat Masih Ada Berstatus PNS
Bacaleg Aceh Barat Masih Ada Berstatus PNS

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Provinsi Aceh menemukan sejumlah bakal calon legislatif (Bacaleg) masih berstatus pegawai negeri sipil yang bertugas di kantor pemerintah di daerah itu.

“Bukan hanya PNS, ada juga kepala desa yang mencalonkan diri pada pemilu legislatif 2014. Kami akan memanggil mereka,” kata Komisioner KIP Aceh Barat Bahagia di Meulaboh, Selasa 25 Juni 2013.

Bahagia mengatakan, sumber data sejumlah pejabat daerah dan perangkat desa yang sudah terdata dalam Daftar Calon Sementara (DCS) itu diterima dari pengaduan masyarakat serta hasil verifikasi berkas.

Usai menghadiri kegiatan sosialisasi KIP bersama tokoh masyarakat di Aceh Barat di hotel Meuligoe Meulaboh, Bahagia menuturkan, nama-nama bakal caleg itu sudah direkap dan segara akan dipanggil.

Kata Bahagia, dari 375 bakal caleg terdaftar beberapa orang yang sudah ditemukan masih memangku jabatan seperti di kantor Mahkamah Adat Aceh (MAA), Baitul Mall dan sejumlah kepala desa juga masih aktif.

“Bila mereka memilih tetap pada jabatannya, maka nama mereka akan kita coret dari daftar, karena ini peraturan yang mesti dilakukan sesuai petunjuk KPU,” katanya.

Menyinggung tentang wewenang anggota KIP menjadi tim eksekusi katanya tidak menjadi masalah meskipun SK kepengurusan periode 2008-2013 sudah berakhir pada 20 Juni 2013.

Kata dia, selama nama-nama mereka yang sudah ditetapkan menjadi pengurus KIP periode 2013-2018 belum dilantik maka pengurus lama tetap menjalankan tahapan penyelenggaraan pemilu di daerah.

Bahagia menegaskan, kendala yang mungkin dialami seperti saat membuka kembali pendaftaran caleg, dimana 13 partai politik akan mengajukan kembali calonnya hingga berjumlah 120 persen.

“Kita juga berharap ketua dewan segera melakukan pelantikan pengurus baru karena pada tanggal 5 Juli 2013 kita sudah harus menerima pendaftaran caleg tambahan,” ujarnya lagi.

Bahagia menyebutkan anggota KIP periode 2013-2018 yang telah ditetapkan komisi A DPRK Aceh Barat akan diparipurnakan sekaligus dilantik pada 7 Juli 2013.(Red/Ant)