Mendag Ingin Aceh Ekspor Daging Sapi ke Mekkah

oleh
Mendag Ingin Aceh Ekspor Daging Sapi ke Mekkah
Mendag Ingin Aceh Ekspor Daging Sapi ke Mekkah
Mendag Ingin Aceh Ekspor Daging Sapi ke Mekkah

JAKARTA | DiliputNews.com – Meski kerap impor daging sapi setiap tahun, ternyata Indonesia berpeluang mengekspor daging kurban ke Mekkah, Arab Saudi. Pasalnya kebutuhan daging di negara tersebut saat hari Raya Idul Adha (Hari Raya Qurban) mencapai 4 juta ton.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Khrisnamurti mengungkapkan, ekspor daging kurban ke Arab Saudi bisa melalui Daerah Istimewa Aceh.

“Aceh terkenal dengan kota Serambi Mekah yang bisa memaksimalkan segala potensi untuk membibitkan hingga memotong hewan ternak dengan cara halal. Dan akhirnya bisa dikirim ke Mekkah,” kata dia di Jakarta, Selasa (25/6/2013).

Bayu mengatakan, kebutuhan daging di Arab Saudi (Mekkah) pada hari Raya Qurban sekitar 3,5 juta-4 juta ton.

Selain itu, dia mengaku, Indonesia juga mempunyai celah pasar untuk mengekspor berbagai produk makanan olahan berbasis daging dengan kualitas rendah dan tinggi (low and high grade).

“Jadi nanti makanan olahan low grade bisa diekspor ke Bangladesh, Pakistan dan Myanmar. Sedangkan kualitas terbaik ada pasar yang siap untuk dimasuki yakni Singapura dan Malaysia,” ucapnya.

Di sisi lain, impor daging, menurut Bayu adalah sebuah keniscayaan untuk melengkapi ragam jenis daging yang tak mampu dihasilkan di dalam negeri.

“Jadikan ini sebagai peluang investasi, sambil terus memperbaiki keterbatasan yang ada seperti kapasitas rumah potong hewan, transportasi di mana biaya transportasi daging dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dua kali lipat lebih mahal dibanding dari Darwin, Australia,” pungkasnya.