Kenaikan Harga BBM Bersubsidi Di Umumkan Malam Ini

oleh
Harga Eceran BBM di Aceh Selatan Melambung
Kenaikan Harga BBM Bersubsidi Di Umumkan Malam Ini
Kenaikan Harga BBM Bersubsidi Di Umumkan Malam Ini

JAKARTA | Pemerintah memastikan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi akan diberlakukan mulai pukul 00.00. Direktur Bahan Bakar Minyak Badan Pengatur Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Djoko Siswanto menyatakan keputusan kenaikan harga ditetapkan setelah dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) disalurkan ke daerah.

“Jumat ini bisa transfer-transfer (dana BLSM),” ujarnya kemarin.

Sesuai dengan APBN Perubahan 2013, harga jual bahan bakar jenis Premium akan naik sebesar Rp 2.000 menjadi Rp 6.500 per liter, dan solar naik Rp 1.000 menjadi Rp 5.500 per liter. Kenaikan harga bahan bakar ini dimaksudkan untuk menekan subsidi dari Rp 297 triliun menjadi sekitar Rp 200 triliun.

Sebagai kompensasi, pemerintah menggelontorkan BLSM sekitar Rp 9,3 triliun untuk 15,5 juta keluarga miskin. Dana tersebut akan diberikan sebesar Rp 150 ribu per keluarga per bulan selama empat bulan.

Juru bicara PT Pertamina (Persero), Ali Mundakir, memastikan stok BBM menjelang kenaikan dalam kondisi mencukupi. Pertamina juga menetapkan peningkatan penyaluran harian di atas 10 persen dari rata-rata penyaluran harian normal. “Kami mengeluarkan kebijakan agar terminal BBM dan SPBU beroperasi 24 jam,” ujarnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyatakan kesiapannya untuk mengumumkan harga baru BBM. Menurut dia, peraturan Menteri Energi tentang kenaikan harga BBM sudah diteken.

Menanggapi maraknya penimbunan BBM, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan akan menindak tegas para pelaku usaha yang memanfaatkan kenaikan harga BBM dengan melakukan penimbunan.

“Besok saya akan panggil seluruh pengusaha agar tidak berspekulasi. Kalau mereka importir, akan kami cabut izinnya,” ujarnya. Dia menjamin stok bahan kebutuhan pokok dalam keadaan aman. “Kenaikan harga sekitar 1-3 persen.”

Kepala Kantor Pos Surakarta, Chaerul Hadi, mengatakan penyaluran perdana BLSM di wilayahnya akan dilakukan Senin, 24 Juni 2013. “Rencananya, Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Dahlan Iskan yang akan menyerahkan BLSM secara simbolis,” kata dia. Di Surakarta, tercatat penerima BLSM sekitar 49 ribu orang.