Dewan Kritisi Pengelolaan Keuangan RSUD Meuraxa

oleh
Dewan Kritisi Pengelolaan Keuangan RSUD Meuraxa
Dewan Kritisi Pengelolaan Keuangan RSUD Meuraxa
Dewan Kritisi Pengelolaan Keuangan RSUD Meuraxa

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, mengaku, bahwa Pengelolaan keuangan di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa dinilai belum sepenuhnya diselenggarakan sesuai dengan ketentuan.

Hal tersebut dikatakan Anggota DPRK Banda Aceh, Ir. Nasir Arfan pada rapat paripurna penyampaian pemandangan umum Anggota Dewan Kota Banda Aceh terhadap Rancangan Qanun Pertanggung Jawaban APBK 2012, Kamis (20/6).

Selain itu Dewan juga meminta kepada Pemerintah Kota Banda Aceh untuk segera melacak terhadap penerbitan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) pada hotel Meinhem Jeumpa karena dinilai tidak sesuai prosedur.

“Pengelolaan Keuangan Daerah pada PPK-BLUD UPTD Pasar belum sepenuhnya diselenggarakan secara memadai,” ungkap Anggota DPRK Banda Aceh, Ir. Nasir Arfan.

Menurut Nasir, BPK telah merekomendasikan kepada Walikota Banda Aceh agar mengintruksikan kepada Direktur RSUD Meuraxa supaya segera menerapkan SIMRS, menyusun kebijakan akuntansi yang berpedoman kepada standar akuntansi keuangan yang berlaku, dan meningkatkan pengendalian serta pengawasan terhadap pengelolaan keuangan BLUD.

Sementara itu, politisi dari Partai Aceh (PA) juga megungkapkan, bahwa dalam mencermati hasil audit BPK, dan kunjungan kelapangan masih ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian Walikota diantaranya NPWPD pada Hotel Meinhem Jeumpa tidak sesuai prosedur.

Kami meminta kepada Kepala DPKAD Kota Banda Aceh untuk meningkatkan pengawasan serta pengendalian terhadap pendataan dan penerbitan NPWPD, serta memerintahkan Kepala Bidang pendataan DPKAD supaya meminta hotel Meinhem Jeumpa melengkapi persyaratan administrasi untuk penerbitan NPWPD.

“Kami juga meminta kepada Walikota Banda Aceh untuk dapat menindak lanjuti dan menyelesaikan permasalahan ini dengan tepat cepat dan akuntabel,” harapnya.