Rektor: Ujian SBMPTN Di Unsyiah Ada 4 Model

oleh
Ujian SBMPTN
Ujian SBMPTN
Ujian SBMPTN

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh Samsul Rizal menyatakan ada empat model soal dalam pelaksanaan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) di daerah itu, untuk menghindari adanya perjokian.

“Setiap ruang pelaksanaan ujian SBMPTN di Unsyiah memiliki empat model soal, sehingga kecil kemungkinan terjadinya perjokian,” kata Samsul usai meninjau pelaksanaan SBMPTN hari pertama di Banda Aceh, Selasa 18 Juni 2013.

Samsul yang juga koordinator pengadaan soal dan pendistribusian mengatakan ada 96 model soal ujian SBMPTN yang didistribusikan kepada seluruh perguruan tinggi negeri di Tanah Air.

“Artinya, seluruh soal tersebut didistribusikan ke seluruh provinsi dan setiap kawasan pasti akan berbeda soalnya karena ada 96 modelnya,” katanya.

Ia menjelaskan, tingkat kebocoran soal yang diuji di SBMPTN tersebut sangat kecil karena pengiriman paket tersebut baru diketahui saat akan didistribusikan.

Samsul mengatakan pada pelaksanaan ujian hari pertama pihaknya tidak menemukan secara langsung peserta yang ikut sebagai joki dalam SBMPTN 2013.

Ia mengatakan pihaknya memiliki salah mekanisme kerja yang dapat mendeteksi pengguna jasa joki dan para peserta yang terbukti melakukan kecurangan akan dibatalkan kelulusannya.

“Kami terus melakukan peningkatan pengawasan dalam ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri dari berbagai jalur sehingga perjokian dapat ditekan di masa mendatang,” katanya.

Samsul mengatakan pihaknya juga meminta seluruh guru besar di lingkungan universitas tersebut ikut serta mamantau dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi yang digelar di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.[Red/Ant]