Unsyiah Upayakan Mahasiswa Baru Dapat Beasiswa

oleh
Mahasiswa Baru Dapat Beasiswa
Mahasiswa Baru Dapat Beasiswa
Mahasiswa Baru Dapat Beasiswa

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Rektor Unsyiah Darussalam Banda Aceh Samsul Rizal menyatakan pihaknya akan berupaya agar 1.200 atau 20 persen dari total mahasiswa baru yang masuk perguruan tinggi itu dan berasal dari keluarga kurang mampu akan memperoleh beasiswa.

“Kami berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada seluruh calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu di Aceh agar bisa melanjutkan studi di Unsyiah,” kata Samsul Rizal di Banda Aceh, Selasa 18 Juni 2013.

Ia menyebutkan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) pada tahun 2013 akan menerima sebanyak 6.000 calon mahasiswa baru dari berbagai jalur masuk perguruan tinggi negeri pada tahun akademik tersebut.

Samsul mengatakan calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi “jantong hatee” rakyat Aceh itu perlu takut akan biaya pendidikan sebab Unsyiah akan menggratiskan biaya kuliah untuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

“Jika mahasiswa baru tidak mendapat beasiswa penuh dari jalur bidik misi, maka Unsyiah akan menggratiskan uang kuliah dan untuk biaya hidup akan bekerja sama dengan pihak lainnya,” katanya.

Pihaknya berkomitmen untuk memberikan akses kepada seluruh generasi bangsa di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu untuk mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

Samsul juga meminta agar seluruh calon mahasiswa yang masuk pada tahun akademik 2013 berlaku jujur dalam pengisian biodata menyusul pemberlakuan uang kuliah tunggal terhadap angkatan tersebut.

“Biaya kuliah mahasiswa tahun angkatan 2013 ditentukan oleh masing-masing mahasiswa dan kami minta calon mahasiswa berlaku jujur terhadap seluruh data yang diisi karena seluruh data tersebut akan diverifikasi kembali,” katanya.

Ia mengatakan para mahasiswa tidak akan dikutip biaya apapun lagi selama proses pendidikan sebab seluruh biaya pendidikan telah mencakup dalam uang kuliah tersebut.

“Kami akan tegas jika ada pihak-pihak yang melakukan pengutipan biaya tanpa ada SK rektor,” demikian Samsul.[Red/Ant]