Enam Rumah di Simeulue Hancur Diterjang Badai

oleh
Enam Rumah di Simeulue Hancur Diterjang Badai
Enam Rumah di Simeulue Hancur Diterjang Badai
Enam Rumah di Simeulue Hancur Diterjang Badai

SIMEULUE | DiliputNews.com – Enam unit rumah warga rusak parah diterjang angin puting beliung di sejumlah desa di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, Minggu (16/6), namun tidak ada korban akibat jiwa.

Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue Alwi Alhas yang dihubungi dari Banda Aceh mengatakan enam rumah itu sebagian besar rusak tertimpa pohon yang tumbang.

Lokasi kejadian tersebut berjarak sekitar 100 mil laut pesisir pantai barat Aceh itu.

“Peristiwa itu terparah sepanjang beberapa tahun terakhir, dan angin yang disertai hujan dan sangat mengerikan,” kata Alwi, Senin 17 Juni 2013.

Warga yang rumahnya menjadi korban angin puting beliung itu untuk sementara ditampung di rumah familinya di kampung terdekat, kata lwi.

Sementara pada saat bersamaan, angin puting beliung juga dilaporkan menerjang sejumlah wilayah di pesisir barat dan selatan Aceh, dan mengakibatkan kerusakan rumah warga, fasilitas umum dan menumbang tiang-tiang listrik seperti di Nagan Raya, Aceh Singkil dan Aceh Barat.

Alwi juga menjelaskan selain rumah penduduk, atap bangunan sekolah dasar (SD) di Labuhan Bajau, Kecamatan Tepah Selatan juga rusak diterbang angin puting beliung.

Selain itu satu tower navigasi rusak berat tertimpa pohon yang tumbang diterjang angin puting beliung di kota Sinabang, Simuelue, kata dia.

“Sebanyak 19 batang pohon pinus di dermaga lama juga tumbang akibat angin kencang dan menimpa tower navigasi yang baru beberapa bulan dibangun,” kata Alwi Alhas. (Red/Ant)