Pemda Aceh Barat Temukan Kejanggalan Kenirja PT.SIR

oleh
Pemda Aceh Barat Temukan Kejanggalan Kenirja PT.SIR
Pemda Aceh Barat Temukan Kejanggalan Kenirja PT.SIR
Pemda Aceh Barat Temukan Kejanggalan Kenirja PT.SIR

MEULABOH | DiliputNews.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Barat menemukan berbagai kejanggalan terhadap kinerja Perusahaan perkebunan karet PT. Sari Inti Rakyat (PT. SIR).

“Kita menemukan berbagai kejanggalan, seperti kinerja perusahaan, keberadaan kantornya dan tidak menjalankan program Plasma dan program Corporate Sosial Responsibility (CSR)”, ungkap Aceh Barat H T. Alaidinsyah, Senin (17/6).

PT SIR sendiri saat ini katanya, sedang mengalami konflik dengan masyarakat disekitar HGU, bahkan warga sempat menduduki lahan perusahan ini, karena lahan HGU PT. SIR dinilai warga tidak produktif atau dikelola secara maksimal oleh perusahan, hingga layaknya menjadi sebuah hutan.

H T. Alaidinsyah kepada sejumlah wartawan mengaku telah mengundang pihak PT SIR untuk menuntaskan potensi konflik dengan masyarakat, namun mereka memenuhi undangan pemerintah daerah.

“Kita sudah mengundang pihak perusahaan untuk dapat hadir pada Rabu 19 Juni 2013 kekantor Bupati, demi mencari solusi meredam konflik warga, namun meraka tak kunjung tiba,” pungkasnya.

Selama delapan tahun terakhir PT. SIR berjalan tanpa ada program Plasma dan CSR.”Saya telah menyampaikan maaf kepada masyarakat sekitar HGU PT. SIR, atas kelalaian selama ini. Padahal, jika program Plasma dan CSR dilakukan, tentu konflik perusahan dengan masyarakat dapat teredamkan,” imbuhnya.

Dari hasil perhitungan Alaidinsyah bersama instansi terkait di daerahnya, jika program plasma mampu berjalan maksimal dengan membagikan dua hektar lahan bagi warga sekitar HGU.

“Jika plasma perusahaan tersebut berjalan dengan lancar tentu mampu memberdayakan sekitar 4000 Kepala Keluarga (KK) di Aceh Barat dan perekonomian masyarakat akan sangat mandiri, Itu mimpi saya disiang bolong ini,” tuturnya.