SuRaDT Beri Apresiasi kepada Rektor Unsyiah

oleh
Kampus Unsyiah
Kampus Unsyiah
Kampus Unsyiah

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Solidaritas untuk Rakyat Daerah Terpencil (SuRaDT) memberikan apresiasi kepada Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Syamsurizal, M.Eng, yang memprioritaskan Beasiswa jalur pengembangan daerah pada LPSDM Aceh kepada 230 mahasiswa baru yang berasal dari Kecamatan Tertinggal, Terpencil dan Terluar (3T) untuk melanjutkan studi di Unsyiah dan IAIN Ar-raniry.

“Kita melihat ini merupakan sebuah komitmen yang perlu di apresiasi, apalagi kacamatan 3T memang sangat perlu diperhatikan secara khusus dari berbagai sector pembangunan terutama pendidikan,” kata ketua SuRaDT, Delky Nofrizal, melalui pers release yang diterimana DiliputNews.com, Sabtu (15/6).

Dikatakan Delky, hal tersebut perlu dilakukan, agar pendidikan di Aceh merata dan berkeadilan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang merupakan salah satu indikator utama yang menjadi parameter ketertinggalan suatu daerah.

Di sisi lain, Delky menyebutkan daerah tertinggal, terpencil dan terluar merupakan salah satu perioritas nasinal tahun 2009-2014. Sehingga, memperhatikan pendidikan di kecamatan 3T merupakan salah satu langkah strategis yang perlu didukung secara seksama oleh seluruh stakeholder.

“Kita berharap, pihak IAIN Ar-Raniry juga memiliki komitmen demikian, bahkan kita harapkan akan lahir komitmen dari orang nomor satu di Aceh beserta seluruh pemerintahan Aceh,” pinta Delky.

Ia juga menambahkan, komitmen tersebut perlu dipantau secara seksama, apakah hanya statemen belaka atau akan direalisasikan.

“Ini merupakan langkah awal dalam mengoptimalkan pembangunan terutama bidang pendidikan di daerah tertinggal, terpencil dan terluar yang ada di Aceh, guna sentralistik dan dikotomi pendidikan dapat diminimalisir sehingga terwujud pembangunan yang merata dan berkeadilan bagi seluruh rakyat Aceh,” kata Delky menambahkan.