Rumah Pintar Sarana Peningkatan Kreativitas Anak

oleh
Rumah Pintar Sarana Peningkatan Kreativitas Anak
Rumah Pintar Sarana Peningkatan Kreativitas Anak
Rumah Pintar Sarana Peningkatan Kreativitas Anak

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pengurus Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) Meutia Azwar Abubakar menyatakan rumah pintar merupakan salah satu sarana untuk peningkatan kreativitas dan pemberdayaan masyarakat dan anak.

“Anak-anak bisa belajar, bermain, mengembangkan potensi diri di rumah pintar, sementara orang tua bisa mengembangkan berbagai kreativitas untuk menggali berbagai potensi daerah seperti kerajinan tangan,” kata Istri Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi itu di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu 15 Juni 2013.

Di sela peresmian rumah pintar Aceh Raya di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, istri Kemenpan dan RB itu mengatakan rumah pintar memiliki lima sentra yakni buku, bermain, audio visual, komputer dan kriya.

“Kami berharap kehadiran rumah pintar ini benar-benar bermanfaat untuk peningkatan kreativitas anak dan masyarakat dalam menghasilkan berbagai produk unggulan di setiap kawasan,” katanya.

Dijelaskannya, rumah pintar menjadi salah satu sarana untuk pengembangan kecerdasan, peningkatan potensi anak agar lebih percaya diri untuk tampil dalam setiap kegiatan.

Menurut dia, hingga saat ini Aceh sudah memiliki lima rumah pintar yang tersebar di lima kabupaten/kota yakni Aceh Besar, Sabang, Bireuen, Gayo Lues dan Aceh Selatan.

Ia mengatakan total rumah pintar di seluruh Tanah Air hingga sekarang mencapai 360 unit dan pada 2014 ditargetkan akan mencapai 500 unit di seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam peresmian tersebut Meutia juga meninjau berbagai kerajinan yang dipamerkan di lokasi rumah pintar, yang berjarak sekitar 14 kilometer dari ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh.(Red/Ant)